Kepercayaan jadi Harga yang Sangat Mahal Bagi Seorang Bankir

Kepercayaan jadi Harga yang Sangat Mahal Bagi Seorang Bankir

Kepercayaan jadi Harga yang Sangat Mahal Bagi Seorang Bankir
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bankir senior yang sekaligus mantan Menteri Keuangan RI dan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, mengungkapkan betapa pentingnya kepercayaan bagi seorang bankir. Menurutnya, harga sangat mahal akan diemban oleh sebuah lembaga perbankan bila kepercayaan telah rusak.

“Salah satu hal yang kita harus jaga adalah kepercayaan. Stakeholder percaya sama kita, nasabah percaya sama kita, masyarakat umum percaya sama kita, media percaya sama kita, jadi masalah kepercayaan ini adalah hal yang sangat kita harus perhatikan,” ungkap Agus di sesi Leadership Sharing pada Top 100 CEO’s and The Next Leaders Forum 2022 yang diadakan Infobank di Pullman Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Ia kemudian menceritakan kisah dirinya dalam melakukan merger Bank Mandiri pada akhir tahun 1990-an. Bagaimana para konsultan dan dunia internasional pada saat itu tidak percaya akan kualitas reformasi lembaga keuangan di Indonesia akibat krisis masif yang menimpa perekonomian Indonesia kala itu.

“Jadi pada saat itu kami bersama tim, pak Robby Djohan jadi dirutnya, dan dalam konsidi sulit kita bisa melakukan merger Bank Mandiri dalam waktu 4 bulan. Padahal saat itu konsultan bilang kamu paling cepat merger selesai 4 tahun. Jadi ketika kita sedang menjadi negara yang tidak dipercaya itu berat sekali. Maka, trusted itu sangat penting sekali,” terangnya.

“Kalau kita punya mobil kita hilang, ya sudah, kita sedih, kalau kita punya pulpen kalau kehilangan kita sedih, tapi kalau kita kehilangan kepercayaan kita habis sudah. Jadi, saya ulangi lagi kepercayaan itu sangat penting sekali,” tutupnya. (*) Steven Widjaja

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]