Keuangan

Kenaikan Suku Bunga BI Berdampak ke Kinerja Industri Asuransi? Ini Jawaban OJK

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai adanya kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebanyak 25 bps menjadi 6 persen, berdampak pada penurunan nilai aset investasi perusahaan asuransi khususnya investasi pada SBN (Surat Berharga Negara).

Meski begitu, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono mengatakan bahwa, secara umum kondisi investasi asuransi masih cukup dapat menyerap risiko kenaikan suku bunga BI.

Baca juga: OJK: Penempatan Investasi Asuransi ke EBA-SP Masih Rendah

“Kenaikan BI rate secara terus menerus, masih dapat ditolerir selama kenaikan tidak terlalu drastis. Namun demikian, hal ini akan mempengaruhi likuiditas pasar dalam kurun waktu tertentu, yang mungkin dapat berpengaruh kepada kinerja industri asuransi,” ucap Ogi dalam keterangan tertulis dikutip, 2 November 2023.

Lebih lanjut, Ogi menjelaskan bahwa, pelaku industri asuransi saat ini cenderung akan bersikap wait and see terhadap sentimen-sentimen yang akan muncul disusul masih adanya ketidakpastian geopolitik dan konflik Timur Tengah.

“(Pelaku industri asuransi) perlu memberikan perhatian terhadap kondisi geopolitik dan terjadinya konflik di timur tengah yang kemungkinan akan memiliki pengaruh terhadap perkenomian global,” imbuhnya.

Baca juga: OJK Segera Terbitkan Aturan Modal Minimum Perusahaan Asuransi, Simak Rinciannya

Adapun, Ogi juga menyoroti perkembangan kondisi ekonomi China yang masih bergerak melambat, serta peningkatan harga komoditas dan pangan dunia yang tentunya dapat turut berimbas pada pertumbuhan ekonomi nasional, serta pergerakan pada pasar keuangan.

“Sehingga untuk jangka waktu menengah perlu diwaspadai kenaikan risiko investasinya,” ujar Ogi. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

39 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago

IHSG Berpotensi Melemah Setelah Reli 5 Hari

Jakarta - BNI Sekuritas menyoroti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

4 hours ago