Ekonomi dan Bisnis

Kenaikan Pertamax Diprediksi Akan Ganggu Stabilitas Ekonomi

Jakarta — Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya non subsidi, yakni Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex per Minggu 1 Juni 2018 memang mengejutkan berbagai pihak.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esa Suryaningrum beranggapan, kondisi tersebut dapat menggangu stabilitas ekonomi khususnya pada angka inflasi.

“Meski yang naik non subsidi pasti akan berdampak karena sebagian besar pendapat anda masyarakat 30 persennya itu diperuntukan bagi BBM. Kenaikan BBM sudah jelas akan menaikan inflasi,” kata Esa di Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.

Selain itu dirinya menyebut, kenaikan BBM tersebut juga akan berdampak negatif terhadap daya beli masyarakat karena stimulus perekonomian tidak bisa dioptimalkan. Selain itu, secara umum inflasi hingga Juni 2018 lebih disumbang pada sektor transportasi dan bahan makanan.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi Juni 2018 sebesar 0,59%. Angka ini lebih rendah dibanding inflasi Juni tahun sebelumnya yang juga bertepatan dengan lebaran 2017 sebesar 0,69%.

Sebagai informasi, sebelumnya PT Pertamina (Persero) kembali merilis harga baru jenis bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi yang berlaku mulai Minggu, 1 Juli 2018 hari ini. Jenis BBM yang mengalami kenaikan harga salah satunya Pertamax. Tercatat besaran kenaikannya berkisar antara Rp600 sampai Rp900 per liter.(*)

Suheriadi

Recent Posts

Zurich Indonesia Targetkan Pertumbuhan Premi 15 Persen Akhir 2024

Jakarta - Zurich Indonesia optimistis mencapai pertumbuhan premi double digit pada akhir 2024 dengan target… Read More

5 mins ago

Apa Kabar Rencana IPO Bank DKI? Begini Update-nya

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI) buka suara soal kabar terbaru… Read More

6 mins ago

Kans Sri Mulyani Masuk Kabinet Prabowo, jadi Menkeu atau Menko Perekonomian?

Jakarta – Isu penyusunan kabinet kian mencuat jelang enam hari pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto… Read More

22 mins ago

Program Umrah untuk Sahabat, Adira Finance Berangkatkan Ratusan Orang ke Tanah Suci Gratis

Jakarta - PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) memberangkatkan 130 pemenang program loyalitas… Read More

32 mins ago

Perkuat Modal, Bank Sumut Incar Dana Rp4 Triliun Lewat IPO hingga KUB

Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) mengincar dana Rp4 triliun untuk penambahan modal… Read More

50 mins ago

PHEI Luncurkan Harga Pasar Wajar Sekuritas Bank Indonesia

Jakarta - PT Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) pada hari ini (14/10) secara resmi meluncurkan… Read More

1 hour ago