Kementerian BUMN dan FHCI Buka Rekrutmen Bersama 2022

Kementerian BUMN dan FHCI Buka Rekrutmen Bersama 2022

Kementerian BUMN dan FHCI Buka Rekrutmen Bersama 2022
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menggelar Rekrutmen Bersama 2022. Perekrutan kali ini membuka lebih dari 2.700 posisi di lebih dari 50 BUMN yang ada di Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam pidatonya mengungkapkan transformasi BUMN tidak mungkin terjadi tanpa transformasi human capital. Untuk itu, penting bagi BUMN untuk memastikan talenta-talenta muda bisa tersaring dan melanjutkan regenerasi di BUMN.

“Sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia adalah di BUMN. Kontinuitas kepemimpinan di BUMN harus terus berlanjut dengan figur atau generasi muda yang tidak hanya mempunyai kapabilitas, tetapi juga karakter, dan akhlak baik,” ujar Erick pada pidatonya, Selasa, 12 April 2022.

Ia menambahkan, saat ini 54% penduduk Indonesia adalah milenial dan Gen Z. Indonesia perlu memastikan agar masyarakat di usia muda ini bisa bekerja dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia. Erick menyebut Indonesia masih mempunyai banyak waktu sebelum bonus demografi yang ada terhenti pada 2038 nanti dan piramida penduduk terbaik.

Untuk itu, Menteri BUMN juga terus mendorong BUMN agar terus membuka lapangan kerja. Dengan demikian, kesempatan para milenial dan gen z untuk berkontribusi kepada ekonomi juga semakin terbuka.

“Kami tidak hanya melakukan perekrutan, tetapi kita juga mendorong bagaimana melalui BUMN program-programnya membuka lapangan kerja,” jelasnya

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar mengapresiasi upaya Kementerian BUMN untuk menjaring talenta-talenta muda. Menurutnya, FHCI sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mengakomodir para pelamar dalam Rekrutmen Bersama 2022.

Pertama adalah penyediaan platform digital terintegrasi sebagai pusat informasi dan proses rekrutmen bagi seluruh calon pelamar. Kedua, penerapan core value akhlak sebagai salah satu tahapan seleksi untuk mencapatkan talenta muda yang selaras dengan core value yang ada. Ketiga adalah team helpdesk yang dibuka di beberapa kanal komunikasi untuk memudahkan para pelamar dan mengantisipasi pertanyaan dari pelamar.

“Bulan Ramadhan ini menjadi momentum penting terbukanya kesempatan karir bagi para talenta muda Indonesia. Seluruh proses rekrutmen akan dilakukan dengan profesional, transparan, dan menjunjung core value AKHLAK,” ujarnya. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]