Ekonomi dan Bisnis

Kemenkop UKM Pesimis Target KUR 2023 Tercapai, Ini Penyebabnya

Jakarta – Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Yulius pesimis bahwa target Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp297 triliun di tahun 2023 akan dapat tercapai.

Dia menargetkan hingga akhir tahun 2023 yang tersisa kurang lebih 1 bulan lagi hanya akan mencapai 80 persen dari target KUR.

“Kayanya gak tercapai (target KUR 2023), tapi kita berusaha. Sekarang masih sekitar 70 persen, kita berusaha lagi paling 80 persen tercapai semua, karena ini sebulan lagi,” ujar Yulius saat ditemui Wartawan, Selasa 21 November 2023.

Baca juga: Temuan Kemenekop UKM: Banyak KUR Dipakai Investasi Tanah hingga Biaya Lahiran

Sebagai informasi, sampai dengan 20 November 2023, berdasarkan data SIKP (sistem informasi kredit program) KUR telah yang tersalur sebesar Rp218,40 triliun. Angka tersebut mencapai 73,54 persen dari target penyaluran KUR tahun 2023 sebesar Rp297 triliun kepada 3,93 juta debitur.

Yulius membeberkan persoalan kenapa KUR tidak mencapai target di tahun ini, yaitu dikarenakan adanya masalah di administrasi dari penyaluran KUR kepada debitur.

“Tidak tercapainya target 2023 dikarenakan persoalan administrasi yang cukup panjang, yaitu terkait mendiskusikan berupa subsidi bunga yang kita berikan itu diskusi lama,” ungkapnya.

Baca juga: Masih Jauh Dari Target, Realisasi KUR Baru Capai Segini

Meski demikian, Yulius menegaskan bahwa perlamabatan penyaluran KUR di 2023 tidak akan memengaruhi target di tahun 2024. Namun, pihaknya masih belum bisa menyebutkan besaran target KUR di tahun depan.

“Sudah ada target, lebih tinggi, saya lupa berapa. Tapi target kemarin cukup besar, kita akan capai targetnya lebih banyak. Masih di diskusikan (target KUR 2024),” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago