Kemenkop: Sebanyak 13,7 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital

Kemenkop: Sebanyak 13,7 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital

Kemenkop: Sebanyak 13,7 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) terus mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengadopsi digitalisasi dalam usahanya. Upaya tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan 30 juta pelaku UMKM masuk ke ekosistem digital pada 2024.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Tb. Fiki C. Satari mengungkapkan, hingga saat ini sebanyak 13,7 juta pelaku UMKM telah masuk ke ekosistem digital.

“Hingga hari ini, berdasarkan data berdasarkan data dari Indonesian E-Commerce Association (idEA) sudah 13,7 juta pelaku UMKM masuk ke digital atau bertamah 5,4 juta saat pandemi,” kata Fiki melalui Webinar TOP 100 BPR “Mendukung Ekosistem UMKM Go Digital dan Digitalisasi BPR : Potensi Bisnis Kolaborasi BPR & Fintech”, Jumat 18 Juni 2021.

Dirinya menyebut, literasi digital bagi pelaku UMKM masih harus terus dilakukan. Terlebih kapasitas produksi UMKM masih masih rendah. Dirinya mengatakan, dengan memanfaatkan digital para pelaku UMKM bisa meningkatkan kapasitas produksi pelaku UMKM.

Fikipun menyambut positif rencan kebijakan kolaboriasi antara Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan fintech. Menurutnya, kebijakan tersebut akan mendorong literasi digitalisasi bagi para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Sebagai informasi saja, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini telah menyiapkan revisi Peraturan OJK (POJK) Nomor 77 Tahun 2016 tentang layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi. Melalui beleid itu nantinya memuat ketentuan kolaborasi antara fintech lending dengan berbagai ekosistem. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]