Kemenkeu: PPKM Darurat Bakal Ganggu Ekonomi RI Kuartal-III

Kemenkeu: PPKM Darurat Bakal Ganggu Ekonomi RI Kuartal-III

ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta– Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bakal mengganggu perekonomian RI di kuartal III-2021.

“Melalui PPKM Darurat ini jelas akan berdampak dan nanti dampaknya akan terlihat sesignifikan apa di kuartal III. Bagaimana konsumsi masyarakat akan terdampak khususnya karena mobilitas maka transportasi, pakaian dan rekreasi akan terdampak,” kata Febrio melalui video conference di Jakarta, Jumat 9 Juli 2021.

Febrio menambahkan, PPKM juga berdampak ke investasi hingga dunia usaha. Dimana investasi diprediksi akan tumbuh moderat sebab Kemenkeu mencatat 70% investasi Indonesia dalam bentuk proyek infrastruktur dan bangunan.

Sementara itu menurutnya dunia usaha juga akan berdampak namun cukup beragam tergantung jenis usaha yang bisa beralih ke digital atau tidak. “Ada sektor yang sensitif terhadap mobilitas makanya akan terkenda dampak sementara sektor yang berproentasi ekspor akan cukup resilient,” tambah Febrio.

Sebagai informasi saja, sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati juga telah merevisi target pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 menjadi di kisaran 3,7% sampai 4,5%. Proyeksi ini turun dari semula yang berada di kisaran 4,3% hingga 5,3%.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]