COVID-19 Update

Kemenkes Minta Lansia Periksa Ke Dokter Sebelum Vaksinasi

Jakarta – Pemeriksaan riwayat penyakit penyerta dan kronik menjadi fokus perhatian bagi lansia yang hendak melakukan vaksinasi. Untuk itu, Kementerian Kesehatan meminta para peserta vaksinasi, khususnya lansia untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dan memastikan keadaan dirinya.

dr. Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan mengimbau para lansia yang memiliki penyakit kronik, seperti seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal untuk memeriksakan keadaan diri ke dokter. Jika tidak ada masalah dengan kondisi pasien, dokter akan memberikan keterangan layak vaksinasi.

Lalu, lansia yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid seperti asma, hipertensi, gula darah juga diminta memeriksakan kondisinya ke dokter. Pemeriksaan ini akan memastikan keadaan pasien stabil dan terkontrol dengan baik, sehingga layak untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Tingginya risiko kematian pada lansia membuat Kementerian Kesehatan memutuskan untuk mendahulukan kelompok ini. Menurut Nadia, risiko kematian dan kesakitan akibat terinfeksi COVID-19 pada golongan umur tersebut meningkat 20-30%.

“Kelompok lansia akan jadi salah satu prioritas bersama dengan petugas pelayanan publik di tahap ini,” jelasnya dalam diskusi virtual yang dikutip melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID.

Sebagai informasi, sekitar 7,5 juta dosis vaksin Covid-19 sudah dipersiapkan dan siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

7 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

7 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

7 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

10 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

10 hours ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

10 hours ago