Nasional

Kemenhub Siapkan 30 Ribu Kuota Mudik Gratis, Catat Tanggalnya!

Jakarta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sebanyak 722 unit bus untuk melayani pengangkutan masyarakat melalui Program Mudik Gratis Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan reseminya mengatakan, Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis. Kuota tersebut terdiri atas 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Tahun ini, Ditjen Hubdat juga menyediakan 900 unit kuota pengangkutan sepeda motor dengan truk secara gratis. Sebanyak 450 unit kuota disediakan untuk arus mudik dengan 15 truk. Sementara untuk arus balik disedikan kuota sebanyak 450 unit yang diangkut dengan 15 unit truk.

Hendro menambahkan, ada 33 kota yang menjadi tujuan mudik dan balik di tahun 2024. Sebanyak 33 kota tersebut tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera.

Adapun 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya dan Cirebon. Sebanyak 19 kota di Provinsi Jateng- DIY yang meliputi  Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta.

Baca juga: BI Mulai Siapkan Uang Layak Edar untuk Kebutuhan Nataru, Pemilu, dan Lebaran

Lima kota di Provinsi Jawa Timur 5 Kota meliputi Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Dua kota di Kalimantan yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun. Dan 4 kota di wilayah Sumatera yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu dan Padang.

Untuk arus balik, Ditjen Hubdat menyasar 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Pelembang.

Untuk lokasi tujuan mudik dan balik bagi pengangkutan sepeda motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri dan Yogyakarta.

Jadwal dan Titik Lokasi Keberangkatan

Penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan. Sepeda motor akan diberangkatkan pada hari Jumat 5 April 2024. Pemberangkatan penumpang arus mudik, diberangkatkan dari 6 terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan dan Terminal Jatijajar Depok pada tanggal 6 April 2024.

Sementara untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal W. A Gara Kalimantan Tengah pada tanggal 7 April 2024.

Pemberangkatan arus balik pengangkutan sepeda motor disediakan pada Minggu 14 April 2024 dari 5 terminal tipe A yaitu Kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri dan Yogyakarta.

Baca juga:BI Siapkan Rp197,6 Triliun Untuk Penukaran Uang Jelang Idul Fitri

Sedangkan pemberangkatan arus balik penumpang pada hari Senin tanggal 15 April 2024 diangkut dari 8 terminal tipe A kota asal keberangkatan. Delapan terminal tersebut adalah Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Palembang.

Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 sampai dengan 3 April 2024. Masyarakat dapat mendaftar melalui aplikasi MitraDarat yang dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore.

Galih Pratama

Recent Posts

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

34 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

47 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

5 hours ago