Kemendesa, Dana Desa Untuk Infrastruktur Dan Padat Karya

Kemendesa, Dana Desa Untuk Infrastruktur Dan Padat Karya

Pertumbuhan ekonomi desa melambat, Pemerintah Naikkan Dana Desa
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta–Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi (Mendesa) Marwan Jafar menegaskan, Dana Desa harus diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur yang sifatnya padat karya. Misanya, untuk membuat jalan desa, embung desa, irigasi desa, jembatan terbatas, talud, dan lain-lain. “Hal itu sesuai dengan arahan Presiden” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, semuanya didorong untuk melakukan percepatan. Target kita, penyerapan secara nasional itu bisa mencapai 94%,” kata Marwan.

Oleh karena itu, Marwan berharap penyerapan semua sudah on the track. Marwan menambahkan, penyerapan Dana Desa yang pertama dengan tahap kedua sudah mencapai 79%.

Sedangkan mengenai jumlah dana yang bergulir, Menteri Marwan, mnyampaikan bahwa jumlah dana pada tahap satu-dua, Rp 300 juta – Rp 400 juta. Sedangkan, tahap ketiga nanti kurang lebih Rp 100 juta – Rp 200 juta maksimal.

Terkait evaluasi penggunaan Dana Desa, Marwan menyebutkan, bahwa para Bupati saat ini sedang menyusun laporan dan dikirimkan ke kementerian yang dipimpinnya.  “Terkait evaluasi terhadap penyerapan tahap satu dan dua, mereka (kepala daerah) nanti kirim laporan. Setelah laporan diterima, akan kita lihat kan kegunaannya untuk apa,” pungkas Marwan.(*) Apriyani Kurniasih

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]