News Update

Kehadiran Super App Fintech Perkuat Ekosistem Digital

Jakarta – Super app atau, aplikasi teknologi yang memberikan berbagai layanan dalam satu aplikasi semakin menjadi tren di masyarakat. Menanggapi tren ini, Peneliti Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Paksi Walandouw menilai, inovasi teknologi super app mampu memperkuat ekosistem digital dan mendorong pendalaman pasar keuangan.

Ia mengungkapkan, perubahan situasi dan kondisi mulai dari pandemi membuat pertumbuhan digitalisasi luar biasa. Hal ini membuat semua pelaku bisnis memiliki strategi untuk terus melayani berbagai kebutuhan konsumen Indonesia dan membangun ekosistem digital yang semakin kuat.

“Hadirnya super app merupakan cara pelaku bisnis di bidang teknologi untuk melakukan perluasan layanan untuk semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang pada akhirnya bagus untuk ekosistem digital Indonesia,” ujar Paksi, 30 Juli 2022.

Paksi Walandouw mencontohkan di sektor pasar modal, aplikasi super app Ajaib dapat mendorong pendalaman pasar dengan peningkatan jumlah investor baru. Pada 2019 jumlah investor pasar modal Indonesia sebesar 2,48 juta investor, dan pada Mei 2022 jumlah investor Indonesia mencapai 8,85 juta investor.

Selain itu, kehadiran super app di bidang layanan keuangan juga tidak lepas dari peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Regulator mendorong inovasi teknologi di bidang layanan keuangan melalui kebijakan progresifnya seperti P2P lending dan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan, yang dapat secara nyata mendorong inklusi keuangan dan ekosistem teknologi Indonesia.

“Dengan bertambahnya pelaku industri fintech dengan layanan investasi digital, secara langsung mengatakan ada demand yang tumbuh. Masyarakat kini sudah lebih mendigitalisasikan tools-nya untuk kebutuhan hidupnya, termasuk layanan investasi digital,” jelas Paksi Walandouw.

Asal tahu saja, laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 yang dirilis pada awal tahun ini meyebut tren penggunaan super app pada masyarakat di Asia Tenggara dapat diklasifikasikan menjadi tiga kebutuhan. Kebutuhan tertinggi, digunakan untuk memesan pengiriman makanan (82%), untuk berbelanja daring (51%), dan terakhir untuk layanan kendaraan atau ride-hailing (43%). (*)

Evan Yulian

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

4 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

4 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

5 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

5 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

5 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

5 hours ago