Ekonomi dan Bisnis

Kebut Pembangunan Tol Bocimi, PT SMI Caplok 25 Persen Saham Waskita Toll Road

Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) pada hari ini (29/1) secara resmi melakukan akuisisi 25 persen saham PT Waskita Toll Road (PT WTR) yang ditempatkan pada PT Trans Jabar Tol (PT TJT).

Berdasarkan penandatanganan Sales and Purchase Agreement (SPA), maka kepemilikan saham PT TJT, terdiri dari, PT WTR sebanyak 74,99 persen, PT SMI sebanyak 25 persen, dan Koperasi Waskita sebesar 0,01 persen.

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, mengatakan masuknya PT SMI sebagai pemegang saham PT TJT bertujuan mempercepat penyelesaian pembangunan jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) selanjutnya, yakni pada seksi Cibadak–Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km, di mana konstruksi tersebut telah mulai dilaksanakan.

Baca juga: Bidik Kontrak Baru Rp17 Triliun di 2024, Begini Strategi Waskita Karya (WSKT)

“Akuisisi saham ini menunjukkan komitmen PT SMI dan Waskita Group dalam mendukung Proyek Strategis Nasional yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap ruas Bocimi ini dapat meningkatkan konektivitas, akses dan penghematan waktu tempuh antara Bogor dan Sukabumi, serta menjadi jalur alternatif dalam mengurai kepadatan jalan arteri,” ucap Edwin dalam keterangan resmi di Jakarta, 29 Januari 2024.

Di samping itu, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), Muhammad Hanugroho, menuturkan dengan adanya strategic partnership dengan PT SMI tersebut akan menyelesaikan sebagian kewajiban WSKT dalam program restrukturisasi.

“Insya Allah ini merupakan suatu perjalanan awal yang nantinya akan memberikan berkah tidak hanya bagi PT SMI dan Waskita Karya Group tetapi juga kepada masyarakat yang akan memanfaatkan Jalan Tol Ciawi Sukabumi hingga Sukabumi Barat,” ucap Oho sapaan akrabnya dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Resmi Dibuka Jokowi, Segini Tarif Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak

Adapun, strategic partnership antara PT SMI dan PT WTR ini dapat mendukung PT TJT dalam memperoleh sumber pendanaan untuk dapat menyelesaikan proyek jalan Tol Bocimi. Dengan begitu, penyelesaian dan pengoperasian jalan Tol Bocimi, konektivitas di wilayah Jawa Barat semakin meningkat.

Hal ini akan menjadi katalis positif dalam mendukung peningkatan perekonomian setempat dan dapat memberikan dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat. (*)

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago