Kebijakan Moneter BI Dorong Perbaikan Rupiah

Kebijakan Moneter BI Dorong Perbaikan Rupiah

Kebijakan Moneter BI Dorong Perbaikan Rupiah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Sentimen positif diharapkan masih dapat berlanjut untuk mempertahankan tren kenaikan lanjutan Rupiah. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–Imbas positif dari kebijakan ekonomi oleh pemerintah telah membuat laju Rupiah masih betah berada di zona hijaunya dan bahkan sedang mencoba mempertahankan tren kenaikannya.

Menurut Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, pelaku pasar juga turut merespon kebijakan moneter yang telah disampaikan Bank Indonesia (BI) di bulan September, sehingga ikut berdampak kepada laju Rupiah.

“Persepsi positif akan hasil dari kebijakan tersebut, paling tidak untuk sementara ini masih dapat memberikan angin segar pada laju Rupiah yang sedang mempertahankan pola kenaikannya,” ujar Reza dalam risetnya di Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2015.

Selain itu, dirinya juga pernah menyampaikan, bahwa kebijakan monter Jepang yang tetap, serta naiknya harga minyak mentah dunia dan membaiknya laju Euro juga telah ikut memberikan sentimen positif kepada laju Rupiah.

“Kami harapkan sentimen ini masih dapat berlanjut untuk mempertahankan tren kenaikan lanjutan Rupiah. Tetapi harus dapat menyesuaikan dengan riil lapangan dan mencermati sentimen di pasar. Laju Rupiah di atas target resistance Rp14.325/USD,” tukasnya.

Dia mengungkapkan, penguatan Rupiah dalam beberapa hari terakhir ini tentunya diharapkan masih dapat berlanjut jika sentimen positif masih mendukung. Kendati rawan aksi ambil untung, namun jika terjadi pelemahan, tidak akan terlalu dalam.

Terlebih, kata dia, laju indeks US$ yang saat ini cenderung mengalami tekanan, diharapkan laju Rupiah dapat memanfaatkan kondisi tersebut sehingga tren kenaikan Rupiah masih bertahan. Namun tetap menyesuaikan kondisi riil lapangan dan mencermati sentimen di pasar.

“Laju Rupiah diperkirakan di atas target resistance Rp13.950. Rp 14.000-13.779 (kurs tengah BI),” tutup Reza. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]