Kebab Baba Rafi (RAFI), UMKM Gerobakan Yang Akan Melantai di Bursa

Kebab Baba Rafi (RAFI), UMKM Gerobakan Yang Akan Melantai di Bursa

Kebab Baba Rafi (RAFI), UMKM Gerobakan Yang Akan Melantai di Bursa
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Sari Kreasi Boga Tbk (SKB Food) menjadi contoh UMKM yang berhasil melakukan transformasi sampai akhirnya mampu melakukan penawaran saham kepada publik di Bursa. Asal tahu saja, SKB Food sedang dalam proses Initial Public Offering (IPO).

Adapun jumlah saham yang akan dilepas oleh SKB Food ini setara dengan 30,31 persen saham. Pengelola waralaba Kebab Turki Baba Rafi ini akan melepas 948,09 juta sahamnya dengan harga penawaran Rp120-Rp130 per saham. Sedangkan untuk masa Book Building Perseroan adalah pada 18 – 22 Juli 2022.

Merujuk Prospektus IPO-nya, SKB Food yang sedang dalam masa penawaran saham ini dijadwalkan akan masuk tanggal efektif IPO pada 28 Juli 2022. Masa penawaran umum perdana saham akan berlangsung pada 1 – 3 Agustus 2022 dan tanggal pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijadwalkan pada 5 Agustus 2022.

Direktur Utama SKB Food Eko Pujianto bersyukur atas respon positif masyarakat terhadap kabar IPO sebuah perusahaan yang semula dikenal sebagai UMKM ini. ”Semoga ini langkah awal yang bagus untuk kebangkitan UMKM di Indonesia,” ujarnya dikutip di Jakarta, Senin, 18 Juli 2022.

Proses IPO, menurut Eko, bukan akhir perjalanan melainkan sebuah awal perjalanan baru sebagai perusahaan yang lebih mengedepankan prinsip dan tata kelola yang baik. Sejak tahun 2017, SKB Food yang berdiri sebagai entitas baru pengelola Baba Rafi di regional Barat langsung bertransformasi menjadi perusahaan dengan tata kelola yang lebih terukur, memiliki manajemen risiko, dan melakukan berbagai inovasi termasuk dari sisi produk.

”Ini perjalanan panjang perusahaan yang dulunya mangkal di trotoar sekarang menuju lantai bursa,” Eko Pujianto menambahkan.

Telah berjalannya penawaran awal saham SKB Food menjadi trending di sosial media Twitter. RAFI yang akan menjadi kode saham perusahaan pionir waralaba kebab di dunia ini juga ikut menyertai riuhnya cuitan pada Senin, 18 Juli 2022.

”From street vendors to the stock market, babarafi kebabs are number one,” tulis akun Twitter Fitri Yani dan menjadi bagian dari sekian banyak cuitan yang mencuplik kesuksesan SKB Food sebagai pengelola Baba Rafi di regional Barat yang mengawali kiprahnya dengan menggunakan gerobak di trotoar sampai menuju lantai bursa. (*)

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]