KB Finansia Multi Finance Terbitkan Obligasi Senilai Rp1 Triliun 

KB Finansia Multi Finance Terbitkan Obligasi Senilai Rp1 Triliun 

KB Finansia Multi Finance Terbitkan Obligasi Senilai Rp1 Triliun 
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT KB Finansia Multi Finance (Perseroan) yang memiliki fokus pada  pembiayaan mobil bekas, motor bekas, dan digital, electronic and appliances (DE&A) akan menerbitkan Obligasi I dengan nominal maksimal sebesar Rp1 miliar. Wacana ini sejalan dengan pulihnya daya beli masyarakat sepanjang tahun 2022 yang telah berdampak terhadap meningkatnya permintaan, terutama di sektor otomotif.

Direktur Keuangan KB Finansia Multi Finance, Kisup Wi menjelaskan, Obligasi yang telah memperoleh peringkat AA+(idn) (Double A Plus) dari PT Fitch Ratings Indonesia ini akan dibagi dalam dua seri yaitu Seri A dan Seri B. Untuk Seri A akan memiliki tenor 370 hari dengan kupon 4,6-5,1% dan Seri B akan memiliki tenor 3 tahun dengan kupon 6,5-7%. Obligasi akan ditawarkan dalam satuan pemesanan Rp5.000.000,‐.

Menurutnya, suku bunga Obligasi I KB Finansia Multi Finance akan dibayarkan setiap Triwulannha. Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2022, sedangkan pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo Obligasi masing‐masing adalah pada tanggal 2 Agustus 2023 untuk Obligasi seri A dan tanggal 22 Juli 2025 untuk Obligasi seri B.

“Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi tersebut setelah dikurangi dengan biaya‐biaya, dan pengeluaran‐pengeluaran sehubungan  dengan Emisi, seluruhnya  akan digunakan Perseroan untuk penyaluran pembiayaan konsumen,” ujar Kisup Wi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

Perseroan tidak melakukan penyisihan dana (sinking fund) untuk Obligasi I KB Finansia Multi Finance dengan pertimbangan untuk  mengoptimalkan penggunaan dana dari hasil  Penawaran Umum Obligasi sesuai dengan tujuan rencana penggunaan dana hasil Penawaran Umum Obligasi ini. Namun untuk menjamin pembayaran seluruh jumlah utang yang wajib dibayar oleh Perseroan kepada Pemegang  Obligasi, Perseroan  memberikan  jaminan kepada Pemegang  Obligasi, melalui Wali Amanat, berupa piutang (performing) yang merupakan bagian dari asset Perseroan. 

Piutang (performing) yang dijaminkan merupakan piutang yang tidak terdapat keterlambatan dalam pembayaran  pokok  dan/  atau bunga, melewati 90 hari kalender. Sedangkan total nilai piutang (performing) yang akan diikat dalam akta jaminan fidusia adalah sekurang‐kurangnya 20% dari nilai pokok Obligasi pada saat Tanggal Emisi, dan selambat‐lambatnya 5 (lima) bulan sejak Tanggal Emisi Obligasi menjadi sekurang‐kurangnya 60% dari nilai pokok Obligasi. 

Adapun yang bertindak menjadi Wali Amanat dalam Penawaran Umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sementara yang bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi adalah  PT Korea Investment And Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. 

Berikut periode rencana jadwal Penawaran Umum Obligasi  I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022:

  • Tanggal 14 ‐29  Juni 2022: Masa Penawaran Awal 
  • Tanggal 14 Juli  2022: Perkiraan Tanggal Efektif 
  • Tanggal 15 ‐ 19 Juli 2022: Perkiraan Masa Penawaran Umum 
  • Tanggal 20 Juli 2022: Perkiraan Penjatahan 
  • Tanggal 22 Juli 2022: Perkiraan Pengembalian Uang Pemesanan 
  • Tanggal 22 Juli 2022: Perkiraan Tanggal Distribusi Obligasi secara Electronik 
  • Tanggal 25 Juli 2022: Perkiraan Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]