Perbankan

KB Bukopin Cetak Bunga Bersih Rp737,63 Miliar di Kuartal III/2022

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) melaporkan kinerja keuangan yang terus membaik hingga Kuartal III/2022.

KB Bukopin berhasil membukukan peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 51% yoy, atau menjadi Rp737,63 miliar, dari posisi pada periode yang sama pada September 2021 sebesar Rp 487,56 miliar.

Naiknya pendapatan bunga bersih tersebut sejalan dengan turunnya beban bunga hingga 19% yoy menjadi Rp1,95 triliun. Sementara, net interest margin (NIM) pada akhir kuartal III/2022 tumbuh sebesar 1,40%, dibandingkan Desember 2021 sebesar 0,95%, dan akhir Desember 2020 sebesar 0,61%.

Deputy President Director Robby Mondong menjelaskan, meningkatnya NIM sejak 2021 menunjukkan perbaikan struktur keuangan KB Bukopin yang secara bertahap terus terjadi sejak KB Kookmin Bank resmi menjadi pemegang saham pengendali pada pada 30 Juli 2020.

Jumlah kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) juga berhasil ditekan. NPL gross pada 30 September tercatat 8,75%, atau membaik dari posisi akhir Desember 2021 yang 10,66%. Robby mengatakan, berkurangnya jumlah kredit bermasalah tersebut menunjukkan bahwa kondisi bank semakin sehat.

Adapun, katanya, di sisi administrasi dan manajemen, perbaikan keuangan sudah dilakukan dengan menghasilkan efisiensi dimana biaya operasional secara tahunan turun sebesar 16% dari Rp1,81 triliun pada September 2021, menjadi Rp1,53 triliun pada September 2022.

“Pada tahapan ini, yang paling penting adalah kita bisa melihat bersama bahwa secara bertahap KB Bukopin sudah mengalami perbaikan sesuai dengan arahan dari KB Kookmin Bank selaku pemegang saham pengendali,” ujar Robby.

Dia optimistis, perbaikan kinerja itu akan terus ditingkatkan, terlebih dengan adanya rencana right issue di awal 2023 yang telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Kantor Pusat KB Bukopin pada 30 November 2022.

Sekadar diketahui, KB Kookmin Bank merupakan bagian dari perusahaan raksasa keuangan dari Korea KB Financial Group yang merupakan pemain utama dalam industri jasa keuangan berbasis digital di Korea.

Dengan total aset mencapai US$560,1 miliar dan didukung oleh basis pelanggan yang mencapai 70% populasi Korea, KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham utama mempunyai daya dukung yang sangat besar untuk mendorong perkembangan dan kemajuan KB Bukopin.

“Apalagi, KB Financial Group memiliki reputasi yang sangat baik dengan peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea, serta dikenal sebagai entitas bisnis keuangan yang paling menguntungkan, solid, dan stabil,” pungkasnya. (*) Ranu Arasyki

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

22 seconds ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

39 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago