KB Bukopin Berakselerasi Melalui Jaringan Indo-Korea

KB Bukopin Berakselerasi Melalui Jaringan Indo-Korea

KB Bukopin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Bukopin yang sekarang dikenal sebagai KB Bukopin, semakin gencar dalam melakukan eskpansi layanannya. Bank yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh KB Kookmin, bank terbesar di Korea Selatan, memanfaatkan besarnya jaringan KB Kookmin dalam memperluas layanannya di Indonesia dengan standar global.

Salah satu cara yang digunakan adalah dengan memanfaatkan komunitas Korea untuk mengembangkan layanan bisnis KB Bukopin bagi masyarakat luas. Langkah tersebut diambil karena banyak nasabah Korea Selatan yang kini telah bergabung dengan Bank KB Bukopin. Ini sekaligus menunjukkan kuatnya kredibilitas KB Kookmin Bank di Korea Selatan.

Strategi memanfaatkan jaringan bisnis komunitas Korea di Indonesia ini dinamakan Korean Link Business. Korean Link Business berfokus pada penyaluran kredit (lending) dan penghimpunan dana (funding) kepada korporasi-korporasi Korea Selatan, komunitas-komunitas UMKM, dan consumer. Perusahaan-perusahaan besar Korea Selatan dirancang untuk menjadi anchor company dalam membangun ekosistem value chain dan supply chain di tengah-tengah ekosistem bisnis masyarakat lokal.

Cross selling akan menjadi tumpuannya. Sejumlah korporasi besar yang telah menjadi nasabah Bank KB Bukopin, yakni Lotte Group, LG Electronics, Hyundai, Hankook Tire, Lock & Lock, dan masih banyak lagi. Total terdapat 51 perusahaan yang sudah menjadi nasabah Bank KB Bukopin sampai awal tahun 2022, yang mana 44 diantaranya adalah nasabah penghimpunan dana, dan 7 lainnya adalah nasabah untuk penyaluran kredit.

“Kerja sama yang terjalin antara Bank KB Bukopin dan Hyundai Motor Indonesia pada awal 2022 ini, adalah langkah awal kedua belah pihak dalam kolaborasi pembiayaan kendaraan bermotor. Ke depannya, Bank KB Bukopin akan memberikan pembiayaan kepada setiap dealer Hyundai yang beroperasi di Indonesia,” ucap Direktur Utama Bank KB Bukopin Chang Su Choi, kepada Infobanknews, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Bank KB Bukopin telah sepakat untuk menyediakan plafon pembiayaan sebesar Rp30 miliar selama satu tahun ke depan untuk Hyundai Motor Indonesia cabang Palembang, Sumatera Selatan. Sementara pada akhir 2021 lalu, Bank KB Bukopin telah menjalin kerjasama dengan Lotte Engineering & Construction (Lotte E & C) dan Construction Guarantee Cooperative Korea (CG Korea).

“Bank KB Bukopin berencana untuk secara aktif mendukung proyek konstruksi yang akan digarap oleh Lotte E&C di Indonesia dan membangun sistem kerjasama yang erat dengan CG Korea. Tak hanya melayani nasabah besar, Korean Link Business dari Bank KB Bukopin nantinya juga akan disediakan untuk melayani nasabah-nasabah lokal di segmen menengah dan bawah, yang menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan-perusahaan Korea Selatan. Upaya ini menjadi bagian dari strategi besar Bank KB Bukopin di bisnis komunitas Korea,” terang Chang Su Choi. Steven Widjaja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]