Perbankan

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga (pricing) Surat Utang Senior Unsecured Notes (obligasi global) perdananya senilai USD300 juta, di Singapura, pada Rabu 23 Oktober 2024.

KB Bank menjadi entitas anak usaha internasional pertama dari perbankan asal Korea Selatan yang menerbitkan obligasi global dengan mendapatkan peringkat kredit global.

Penerbitan obligasi global ini menjadi lebih berharga mengingat situasi ekonomi yang tidak menentu menjelang pelaksanaan pemilihan Presiden Amerika Serikat dan perkembangan geopolitik di Timur Tengah.

Penerbitan obligasi global sendiri merupakan strategi KB Bank dalam melakukan diversifikasi sumber pendanaan jangka panjang. Secara bertahap, langkah ini akan mengurangi ketergantungan atas pinjaman luar negeri jangka pendek (refinancing).

Baca juga : KB Bank Jajaki Pendanaan Lewat Emisi Obligasi Rp4,67 Triliun

Sebelumnya, KB Bank telah melaksanakan non-deal roadshow dalam rangka penerbitan obligasi global pada 16 hingga 18 Oktober 2024 lalu.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong menjelaskan, kegiatan non-deal roadshow menjadi platform bagi KB Bank untuk menyampaikan kepada para investor mengenai sejumlah capaian pertumbuhan.

Investor global tampak memberikan feedback yang positif terhadap proses restrukturisasi kinerja dan perjalanan transformasi di KB Bank pasca resmi menjadi bagian dari bank komersial terbesar asal Korea Selatan; KB Kookmin Bank.

“Obligasi global KB Bank yang diterbitkan dalam denominasi USD bertujuan memperkuat struktur pendanaan KB Bank, khususnya pendanaan yang berbasis USD. Dengan nominal penerbitan sebesar USD300 juta dan angka kupon obligasi yang kompetitif sebesar 5,658 persen, kami berhasil mendapatkan respon yang positif dari para investor terlihat dari kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 4,5 kali,” ujarnya.

Baca juga : Muhammadiyah Ungkap Kabar Terbaru soal Rencana Mengakuisisi KB Bank Syariah

Adapun settlement penerbitan obligasi global KB Bank akan dilakukan pada Rabu, 30 Oktober 2024 dengan melibatkan sejumlah institusi keuangan terkemuka yang bertindak sebagai Joint Lead Arranger pada transaksi ini. 

Institusi keuangan tersebut yakni Crédit Agricole Corporate and Investment Bank, The Hong Kong and Shanghai Banking (HSBC) Co. Ltd, KB Securities Hong Kong Limited, dan Morgan Stanley & Co. International Plc. 

Obligasi global KB Bank dicatatkan pada Singapore Stock Exchange (SGX-ST) dan tunduk pada ketentuan Regulation S (Reg S) berdasarkan the US Securities Act of 1993. Obligasi ini memiliki tenor selama 3 tahun dan masa jatuh tempo pada 30 Oktober 2027

KB Bank secara independen telah mendapatkan peringkat obligasi global tertinggi untuk emiten asal Indonesia yaitu ‘BBB’ dari lembaga rating Fitch Rating atau setara dengan peringkat Sovereign Credit Indonesia.  

Dengan kesuksesan penerbitan obligasi global KB Bank ini menjadi langkah awal bagi KB Bank untuk memasuki kancah pasar modal internasional. (*) 

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

BUMA Raih Perpanjangan Kontrak Rp107,8 Triliun dari Bayan Group

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) sebagai anak usaha utama dari PT Delta… Read More

44 mins ago

Bank BJB Gelar Kejuaraan Nasional Baseball Softball Salman Al Farisi III

Jakarta - Bank BJB berkomitmen terhadap pengembangan olahraga di kalangan generasi muda agar mendorong lahirnya… Read More

3 hours ago

Melesat 129,1 Persen, Laba Bersih Sunindo Pratama jadi Segini di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) kembali melanjutkan tren positif di kuartal III 2024… Read More

3 hours ago

DPR Optimistis Target Ekonomi 8 Persen Bisa Terealisasi

Jakarta – Pimpinan Komisi XI DPR RI optimis target pertumbuhan ekonomi 8 persen yang dicanangkan Presiden… Read More

4 hours ago

Aplikasi GoPay Kini Hadirkan Produk Asuransi Kesehatan, Ini Kelebihannya

Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang menaungi GoPay sebagai unit bisnis Financial… Read More

4 hours ago

365 Saham Merah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.634

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2024, kembali… Read More

4 hours ago