News Update

Kasus Covid Global Sentuh 91,57 juta buat Rupiah Dibuka Melemah

Jakarta – Pada hari ini (14/1) nilai tukar rupiah dibuka pada posisi Rp14.090/US$, angka tersebut tercatat melemah 30 poin atau 0,21% bila dibandingkan dari perdagangan kemarin (13/1) di level Rp14.060/US$.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memandang, masih tingginya penambahan kasus covid-19 secara global memberikan sentimen negatif ke pasar meski beberapa negara telah memulai program vaksinasi. Tercatat, jumlah kasus covid-19 secara global mencapai lebih dari 91,57 juta kasus pada 13 Januari 2021.

“Beberapa negara Asia dan Eropa memberlakukan pembatasan yang lebih ketat untuk mengekang penyebaran virus. Jumlah kasus yang terus meningkat juga membuat investor beralih ke aset safe-haven,” kata Ibrahim di Jakarta, Kamis 14 Januari 2021.

Sementara untuk dalam negeri, vaksinasi massal resmi dimulai kemarin (13/1). Dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Warga Negara Indonesia pertama yang mendapat suntikan vaksin CoronaVac buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac. Setelah Jokowi, ada beberapa pejabat yang ikut divaksinasi.

Ibrahim menilai, meski prosesnya akan memakan waktu yang cukup panjang tetapi harapan terlepas dari pandemi covid-19 berangsur-angsur menjadi kenyataan akibat adanya vaksinasi.

“Distribusi vaksin adalah kunci pemulihan ekonomi. Tanpa vaksin, masyarakat masih akan defensif sehingga pertumbuhan penawaran tidak seimbang dengan permintaan. Tanpa distribusi vaksin yang cepat, pemulihan ekonomi akan lebih mengarah ke U-shaped ketimbang V-shaped,” jelas Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (14/1) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.119/US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.109/US$ pada perdagangan kemarin (13/1). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

3 hours ago

Dukung Pertumbuhan Bisnis Nasabah, BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan kapabilitas terbaru dari aplikasi… Read More

4 hours ago

Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Jakarta - PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan internasional AIESEC mengajak ratusan anak… Read More

4 hours ago

Indonesia Privacy Leader Summit 2024: Memastikan Masa Depan Data yang Aman di Era Digital

Jakarta – Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP),… Read More

5 hours ago

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyinyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

6 hours ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

7 hours ago