Ekonomi dan Bisnis

Kantongi Sertifikat Ini, Panorama Graha Teknologi Siap Ekspansi Pasar Industri Pertahanan Global

Jakarta – PT Panorama Graha Teknologi (PGT), bagian dari MultiIntegra Technology Group siap meningkatkan penetrasi pasar di bidang industri pertahanan.

Salah satu langkah strateginya, Panorama Graha Teknologi sukses mendapatkan sertifikat NATO Commercial and Government Entity (NCAGE) pada akhir Januari 2024 lalu.

Aloys Sutarto, Komisaris Utama Panorama Graha Teknologi mengatakan, sertifikat tersebut jadi bukti perseroan dalam upaya mencapai standar internasional dan meningkatkan daya saing hingga ke pasar global.

Baca juga: Redam Efek Resesi Negara Maju, Pemerintah Perluas Ekspor ke 12 Negara Prioritas

“Dengan tercatat dan terdaftar sebagai salah satu anggota NATO NCAGE menunjukkan kesejajaran secara nasional dan tingkat internasional atas kredibilitas dan kualitas produk PGT, sekaligus menciptakan peluang baru bagi perusahaan untuk rantai pasok produk dan jasa yang bisa diterima oleh kesatuan militer dari berbagai negara,” jelas Aloys dalam keterangan resminya, 25 Februari 2024.

Lebih jauh dia menjelaskan, keanggotaan Panorama Graha Teknologi di NATO NCAGE membawa sejumlah nilai tambah. Pertama terkait proses kodifikasi produk dalam sistem NSN, di mana penerapan sistem NSN (National Stock Number) sebagai rekam perbekalan tunggal yang mencantumkan identitas dan asal produk akan mengoptimalkan manajemen database logistik, meningkatkan interoperabilitas materiil, serta efisiensi dan efektivitas pembekalan materiil.

Selain itu, penerapan sistem NSN juga membantu pelaksanaan kodifikasi dan pengenalan produk industri pertahanan Indonesia di pasar global.

“Kami merasa terhormat ditunjuk sebagai perusahaan Industri Pertahanan oleh Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan dan sebagai anggota NATO NCAGE oleh Kapuskod Baranahan Kemhan selaku Direktur National Codification Bureau (NCB) Indonesia,” katanya.

Baca juga: Dukung Ekspor Gerbong Kereta, LPEI Suntik Pembiayaan ke INKA

Diketahui, sejak didirikan pada 1976, Panorama Graha Teknologi telah menjalin kemitraan jangka panjang dan strategis dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kemudian pada 2020, PGT mendapatkan pengakuan resmi sebagai Industri Pertahanan untuk produk Alpalhankam dari Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago