News Update

Kadin: Virus Corona Bisa Buat Ekonomi RI Merosot 0,3%

Jakarta– Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani memandang wabah virus corona akan mengoreksi pertumbuhan ekonomi global, Tiongkok bahkan Indonesia.

Rosan menjelaskan, adanya virus corona akan membuat ekonomi Tiongkok merosot menjadi 4,5% atau terkoreksi 1% hingga 1,5%. Dengan begitu, ekonomi Indonesia juga diprediksi akan ikut merosot sebesar 0,3% pada 2020. Hal tersebut berkaitan dengan perdagangan antara RI dan Tiongkok.

“Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok diprediksi turun 1% nah dampaknya 0,3% ke Indonesia, karena Tiongkok partner (perdagangan) terbesar kita, as nmr dua terbesar dengan Indonesia,” kata Rosan diacara Business Gathering dan Ekonomi Outlook 2020 di Jakarta, Jumat 7 Febuari 2020.

Dengan begitu, Rosan meminta Pemerintah untuk dapat terus mengantisipasi perlambatan ekonomi tersebut khususnya bagi dunia usaha. Meski begitu, pihaknya juga mengapresiasi langkah pemerintah untuk memangkasan regulasi melalui omnibuslaw.

“Omnibus Law cipta kerja dan perpajakan melibatkan kami dunia usaha beri masukan agar bisa berjalan baik,” tambah Rosan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV 2019 kembali melambat, menjadi 4,97% yoy. Capaian pertumbuhan ekonomi lini merupakan yang terendah sejak triwulan IV 2016, di mana pada waktu itu ekonomi tumbuh sebesar 4,94% yoy.

Dengan Iaju pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2019 yang semakin melambat ini, maka secara keseluruhan perekonomian Indonesia pada 2019 hanya tumbuh 5,02% yoy, Iebih rendah dari target APBN 2019 sebesar 5,3% yoy. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

7 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

14 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

15 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago