Kabar Baik, Realisasi Investasi 2021 Lampaui Target Presiden

Kabar Baik, Realisasi Investasi 2021 Lampaui Target Presiden

BKPM Aktif Fasilitasi Investor Jepang
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mencatat realisasi investasi pada tahun 2021 mencapai Rp901,02 triliun. Angka ini tumbuh 9% secara year-on-year (yoy) dan melampaui target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

“Realisasi dari Januari sampai Desember kita mencapai Rp901,02 triliun. Ini artinya melebih target Pak Presiden sebesar Rp900 triliun. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kerja keras ini, tidak mudah memang,” ujar Bahlil pada konferensi pers virtualnya, Kamis, 27 Januari 2022.

Jika dirinci, Penanaman Modal Asing (PMA) di sepanjang 2021 tercatat sedikit lebih besar dibandingkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). BKPM melaporkan cakupan PMA Rp454 triliun, atau naik 10% yoy. Sementara, cakupan PMDN mencapai Rp447 triliun, atau naik 8,1% yoy.

“Harus kita akui ini, FDA kita bagus. Ini adalah sentimen positif dari asing terhadap implementasi UU Cipta Kerja dan ini harus kita jaga,” jelas Bahlil.

Kemudian, realisasi investasi di 2021 juga tampak semakin merata. Hal tersebut tercermin dari porsi investasi di Luar Jawa yang mencapai 52%, lebih besar di banding pulau jawa sebesar 48%. Adapun nominalnya untuk investasi Luar Jawa dan Jawa, masing-masing mencapai Rp468,2 triliun dan Rp454 triliun. Sedangkan, BKPM mencatat saat ini 5 lokasi investasi terbesar berada di Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau.

Bahlil berharap tren baik ini bisa terus berlanjut untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, pemulihan ekonomi Indonesia akan semakin cepat dan baik. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]