Keuangan

Jos! Sarana Global Finance Indonesia Masuk Jajaran Top 20 Financial Institutions Awards 2024

Jakarta – PT Sarana Global Finance Indonesia sukses masuk dalam jajaran “Top 20 Financial Institutions Award 2024” versi The Finance, Selasa, 22 Oktober 2024.

Penghargaan Top 20 Financial Institutions Award 2024 merupakan ajang tahunan yang diberikan kepada sektor perbankan, perusahaan asuransi jiwa dan umum, reasuransi, serta perusahaan pembiayaan dengan pendekatan penilaian kinerja tiga tahun berturut-turut.

Dalam ajang ini, PT Sarana Global Finance Indonesia meraih penghargaan sebagai perusahaan pembiayaan dengan aset Rp1 triliun sampai dengan di bawah Rp5 triliun.

PT Sarana Global Finance Indonesia berhasil memperoleh penghargaan ini lantaran mendapatkan predikat “sangat bagus” dengan nilai total 95,69.

Baca juga : Pinjol Bikin Hidup Gen Z Terpuruk, Dampaknya Susah Cari Kerja hingga Blacklist KPR

Penilaian rating ini berdasarkan pertumbuhan kinerja perusahaan pembiayaan atas laporan keuangan tiga tahun terakhir, yakni 2021, 2022, dan 2023.

Kemudian, untuk rasio-rasio penting, hanya menggunakan data 2023. Perusahaan pembiayaan yang diikutsertakan dalam penilaian “Top 20 Lembaga Keuangan 2024” – dari sisi pertumbuhan modal dan laba – disyaratkan nilai nominal modal dan labanya dari positif ke positif atau dari positif ke negatif.

Perusahaan pembiayaan yang bersangkutan juga mesti berpredikat “sangat bagus” pada rating multifinance 2024 versi The Finance.

Setelah dilakukan pengukuran terhadap pertumbuhan dan rasio-rasio penting, masing-masing perusahaan pembiayaan akan mendapat nilai total. Nilai terbaik pada rating ini adalah minimal 81,00 hingga 100,00.

Baca juga: Bank Mandiri Raih 2 Penghargaan di Ajang Top 20 Financial Institutions Award 2024

Selanjutnya, perusahaan pembiayaan yang dirating akan diperingkat berdasarkan nilai total dan dikelompokkan berdasarkan aset.

Perusahaan pembiayaan yang mendapat nilai minimal 81,00 akan kembali diseleksi dengan dua tahapan: berdasarkan besarnya pembiayaan dan aset, per masing-masing kelompok. 

Kinerja Perusahaan

PT Sarana Global Finance Indonesia mencetak kinerja keuangan yang solid hampir di semua sisi, baik dari aset, piutang pembiayaan hingga capaian laba bersih.

Di sisi penyaluran piutang pembiayaan, perusahaan ini telah menyalurkan sebesar Rp1,19 triliun di kuartal III 2023.

Baca juga : Bank Mandiri Raih 2 Penghargaan di Ajang Top 20 Financial Institutions Award 2024

Pencapaian itu juga membuat PT Sarana Global Finance Indonesia naik kelas ke posisi atas menjadi kelompok perusahaan pembiayaan beraset di atas Rp1 triliun hingga Rp5 triliun. Kegiatan usaha yang digeluti perusahaan ialah pembiayaan investasi, modal kerja, multiguna dan kegiatan usaha lain.

Tak hanya itu, PT Sarana Global Finance Indonesia juga memusatkan perhatiannya pada pada kegiatan pembiayaan alat berat, mobil baru, dan truk. Pembiayaan di segmen ini diyakini dapat memberikan pengembalian yang tinggi dengan tingkat risiko yang aman.

Untuk saat ini, produk piutang pembiayaan PT Sarana Global Finance Indonesia masih didominasi piutang sewa pembiayaan, baik untuk tujuan modal kerja maupun investasi. Pembiayaan alat berat menduduki komposisi hampir 70 persen dari total penyaluran kredit. (*)

Editor: Yulian Saputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

BEI Gelontorkan Capex Rp275 Miliar untuk Pengembangan JATS

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan telah menganggarkan belanja modal atau capital expenditure… Read More

13 mins ago

Sri Mulyani soal Muncul Kementerian Baru: Perlu Restrukturisasi Anggaran 2024-2025

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Rapat Koordinasi Restrukturisasi Rencana Kerja dan… Read More

3 hours ago

Survei: 71 Persen Kelas Menengah Senang Belanja di Warung Madura

Jakarta – Survei Inventure 2024 tentang Indonesia Market Outlook 2025 mengungkapkan, sebagian besar kalangan kelas menengah atau… Read More

3 hours ago

Benchmarking Pasar Modal Asing, Pelaku Pasar Modal RI Studi Banding ke Thailand

Jakarta - Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Lembaga Standar Profesi Pasar Modal (LSPPM) dan Perkumpulan Profesi… Read More

4 hours ago

Biaya Membuat Paspor Naik per Desember, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta - Pemerintah akan menaikkan biaya permohonan paspor sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2024… Read More

4 hours ago

Pinjol Bikin Hidup Gen Z Terpuruk, Dampaknya Susah Cari Kerja hingga Blacklist KPR

Jakarta – Layanan pinjaman online (pinjol) kian populer di kalangan Gen Z. Sayangnya, layanan satu… Read More

5 hours ago