Jonan: Leader Harus Fokus Pada Hal Ini

Jonan: Leader Harus Fokus Pada Hal Ini

Jakarta – Ignasius Jonan selaku Mantan Menteri Perhubungan Indonesia menyatakan pentingnya fokus pada rencana kerja short term ketimbang long term. Menurutnya, fokus pada rencana short term ini adalah penentu keberhasilan transformasi dari suatu institusi.

“Coba saya tanya di ruangan yang hadir, siapa yang atlit lari maraton atau mantan pelari maraton. Hanya sedikit kan. Ini menandakan kebanyakan dari kita tidak sanggup diberikan tugas untuk jangka waktu lama. Maka dari itu, kita perlu mengerjakannya dalam jangka waktu pendek yang mana kita sanggup selesaikan,” ujar Jonan, pada acara diskusi virtual Forum Top 100 CEO Infobank 2021, Selasa, 14 Desember 2021.

Ia menjelaskan bahwa dengan mengetahui target pekerjaan short term secara jelas, pekerja akan memiliki keyakinan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Ia pun mencontohkan bagaimana dirinya mengelola PT Kereta Api Indonesia saat dirinya masih menjadi Direktur Utama PT KAI.

“Waktu saya jadi Dirut KAI itu, Pak Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN tanya ke saya, kenapa kok segmen kereta rel listrik (KRL) itu diberesinnya belakangan. Saya jelaskan, KRL itu paling kompleks. Makanya, itu saya selesaikannya di penghujung masa tugas saya. Jadi, selesaikan dari yang mudah dan yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu dekat dulu,” terangnya lagi.

Meski demikian, lanjut dia, bahwa memiliki visi itu tetap penting, karena biar bagaimana pun suatu institusi perlu memiliki target reformasi jangka panjang. Namun, dalam implementasinya, diperlukan breakdown target short term bulanan untuk mengejar target long term secara step by step. (*) Steven Widjaja

Related Posts

News Update

Top News