Ekonomi dan Bisnis

Jokowi Undang Investasi Demi Kesejahteraan Buruh

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada para buruh dan pekerja di Tanah Air dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

“Kepada seluruh buruh dan pekerja di seluruh tanah air Indonesia, saya mengucapkan selamat hari buruh internasional 2023,” ucap Jokowi dalam tayangan video Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 1 Mei 2023.

Dalam video tersebut, Jokowi mengatakan bahwa peringatan May Day harus dimanfaatkan betul untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktifitas dan daya saing nasional

Menurutnya, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bisa ditempuh melalui pengembangan pendidikan yang perlu secara terus menerus dilakukan.

Adapun, upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja, juga harus terus dilakukan melalui program prakerja dan juga melalui balai latihan kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri.

“Untuk itu, pemerintah berusaha untuk mengundang investasi dari dalam dan luar negeri dalam rangka menambah kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja,” pungkasnya.

Sementara itu, sebanyak 50 ribu masa yang tergabung dari berbagai organisasi buruh mengelar aksi demontrasi di sekitaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat (1/5).

Dalam aksi demontrasi kali ini para buruh menyampaikan enam tuntutan kepada pemerintah antara lain pencabutan Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja, Tolak RUU Kesehatan, dan Pilih Capres 2024 yang Pro Buruh dan Kelas Pekerja.

“HOSTUM atau hapus outsourcing tolak upah murah dan menegaskan pemilihan capres yang pro buruh dan kelas pekerja,” kata Koordinator Demontrasi Said Iqbal.

Selanjutnya, para buruh akan bergerak ke acara May Day berikutnya yang akan dilakukan di Istora Senayan, Jakarta Selatan. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

4 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

7 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

7 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

7 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

8 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

22 hours ago