Jokowi : Manfaatkan Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi : Manfaatkan Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Kuartal I, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di 5%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada seluruh pemangku kebijakan untuk dapat memanfaatkan momentum positif pertumbuhan ekonomi dalam membuat kebijakan pada tahun mendatang.

“Momentum yang ada ini harus betul betul kita ambil manfaatnya, karena dalam tiga tahun ini banyak sekali lompatan yang kita alami salahsatunya adanya pengakuan lembaga rating dunia internasional kepada Indonesia ini sebuah momentum untuk mengambil kebijakan kedepan,” ungkap Jokowi pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Selasa 28 November 2017.

Adanya pemberian rating yang positif dari lembaga rating Moody’s, Standard and Poor’s dan Fitch Rating dinilai dapat menjadi momentum yang positif untuk dapat terus meningkat perekonomian nasional. Terlebih bank dunia juga telah meningkatkan posisi kemudahan berbisnis di Indonesia atau Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia.

“EoDB dari bank dunia edisi 2017 meningkat 106 ke 91 dan pada edisi 2018 naik menjadi posisi 72 dalam dua tahun loncat 34 posisi ini cepat sekali,” tambah Jokowi.

Selain itu, angka pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga tahun ini yang ditopang oleh sektor ekspor dan investasi dinilai Jokowi sebagai salah satu momentum untuk membenahi kebijakan investasi kedepan. Jokowi mengaku, pihaknya di Pemerintahan juga terus melakukan reformasi regulasi guna semakin memudahkan para investor.

“Pertumbuhan ekonomi kuartal tiga ditopang oleh sektor ekspor yang tumbuh 17 persen serta diikuti investasi yang tumbuh 7,11 persen. Angka ini harus kita pakai dalam membuat kebijakan sehingga betul betul tepat,” tukas Jokowi. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]