Jokowi: Investor UMKM Sama Mulianya dengan Investor Asing

Jokowi: Investor UMKM Sama Mulianya dengan Investor Asing

Jokowi: Investor UMKM Sama Mulianya dengan Investor Asing
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha di Indonesia serta memberikan perlindungan bagi koperasi dan UMKM dan industri nasional.  Jokowi bahkan menyatakan, investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar dan investor asing.

“Saya ingin menggarisbawahi, investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar. Pemerintah juga memberikan akses setara kepada golongan UMKM dan koperasi. Investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar, investor asing, sama-sama memberikan kesempatan kerja kepada rakyat Indonesia,” kata Jokowi melalui video conference pada acara Investor Daily Summit 2021.

Jokowi juga mengatakan, Pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) percepatan investasi melalui Keputusan Presiden 11/2021 yang bertugas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha, serta mendorong kerja sama investor besar dengan UMKM.

Tak hanya itu, Pemerintah juga terus melakukan upaya penyederhanaan perizinan berusaha di pusat dan daerah, serta berbagai insentif lainnya diharapkan dapat meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri. 

“Per Juli 2021 system online single submission (OSS) berbasis risiko wajib digunakan dan menjadi acuan tunggal bagi seluruh pemangku kepentingan. Dalam rangka penyelenggaraan perizinan berusaha secara elektronik, cepat, dan efisien,” tambah Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan, pada Januari hingga Mei 2021, sektor industri pengolahan telah menunjukkan kinerja yang baik di masa pandemi. Dimana ekspor industri pengolahan tercatat sebesar US$66,70 miliar, atau meningkat 30,53% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020. Industri pengolahan juga memberikan kontribusi paling tinggi, yaitu 79,42% dari total ekspor sebesar US$83,99 miliar pada periode Januari hingga Mei 2021. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]