Perbankan

Jika Tidak Ada Persaingan, Bank Syariah di Indonesia Tak Akan Berkembang

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta agar industri perbankan tidak hanya memiliki satu bank syariah besar di Indonesia seperti BSI saja, tetapi setidaknya ada dua atau tiga bank lagi dari hasil merger. Karena jika tidak ada persaingan, dikhawatirkan Bank Syariah di Indonesia tidak akan berkembang.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengatakan bahwa jika perbankan syariah hanya di dominasi oleh satu bank, maka hal ini bisa menimbulkan ketidaksehatan industri perbankan syariah.

Dalam hal ini, OJK telah mengeluarkan aturan terkait spin off UUS (unit usaha syariah) perbankan yang tercantum di POJK Nomor 10 Tahun 2023 tentang pemisahan UUS dan POJK Nomor 12 Tahun 2023 tentang Unit Usaha Syariah, dimana UUS yang wajib untuk spin-off adalah UUS yang memiliki aset mencapai 50% dari nilai aset BUK-nya dan/atau memiliki jumlah aset Rp50 triliun.

Baca juga: Indonesia Perlu Punya Bank Syariah Besar Selain BSI, Ini Alasannya

“UUS yang telah memenuhi kondisi tersebut wajib menyampaikan permohonan izin atau persetujuan paling lama 2 tahun setelah POJK tersebut diterbitkan,” kata Dian, dikutip Jumat 11 Agustus 2023.

Tekait rencana BTN untuk melakukan spin off, Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu pun memastikan bahwa pihaknya akan melakukan pemisahan BTN Syariah yang saat ini masih menjadi UUS menjadi Bank Umum Syariah (BUS).

Tentu, rencana pemisahan UUS BTN ini menjadi hal menarik untuk perkembangan perbankan syariah di tanah Air, mengingat kinerja BTN Syariah yang cukup positif. Hingga semester I 2023 tercatat laba bersih BTN Syariah naik 47,30 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp281,21 miliar.

Peneliti lembaga ESED dan Praktisi Perbankan BUMN, Chandra Bagus Sulistyo mengatakan, memang diperlukan bank syariah lain sebagai kompetitor bagi bank syariah di Indonesia, khususnya yang mendominasi saat ini adalah BSI (Bank Syariah Indonesia). Hal ini pun telah menjadi pembahasan di kalangan analisis ekonomi pasca kejadian BSI yang mengalami kendala operasional beberapa waktu lalu.

“Ini yang sedang menjadi pembahasan kita bersama di para kalangan analisis ekonomi bahwa kejadian BSI mengalami kendala operasional dimana teknologinya terganggu kemarin itu, menunjukkan bahwa ternyata perlunya bank-bank syariah yang lainnya sebagai semangat kompetitor bagi bank syariah di Indonesia,” ujar Chandra saat dihubungi Infobanknews, dikutip 12 Agustus 2023.

Saat ini, bank syariah didominasi oleh BSI, ketika BSI mengalami gangguan operasional maka akan mengganggu keuangan syariah Indonesia. Masalahnya, jika tidak ada lagi bank syariah sebesar BSI yang terjadi adalah tidak ada kompetisi untuk terus memperbaiki bisnisnya.

“Harapannya nanti ada bank syariah selain BSI yang menjadi pesaing. Tujuannya untuk semangat kompetisi di antara bank syariah yang ada, jika persaingan itu tidak ada, saya yakin bahwa bank syariah kita tidak akan bisa tumbuh besar,” ungkap Chandra.

Baca juga: Soal Merger BTN Syariah, BSI Belum Bisa Ambil Keputusan, Ini Alasannya

Dia mencontohkan, seperti pada Bank Umum Konvensional (BUK), adanya BRI, Bank Mandiri, dan BCA masing-masing memiliki kompetisi dan role bisnisnya tersendiri untuk terus berkembang.

“Mereka punya kompetisi, mungkin ada batasan-batasan yang hampir sama, tapi satu yang perlu diperhatikan semangat kompetisi akan muncul di antara bank tersebut sehingga mereka saling memperbaiki dan mengupdate untuk menjadi yang terbaik,” terangnya.

Begitupun, tambah Chandra, bagi bank syariah tidak hanya memiliki satu bank besar saja tetapi harus ada bank syariah lainnya sebagai kompetitor.  Oleh karena itu, pemerintah perlu memperhatikan roadmap untuk pengembangan ekonomi syariah secara nasional.

“Dan itu harus dilakukan segera karena kejadian BSI kemarin yang terganggu operasional menjadi pelajaran berharga bagi kita semuanya,” tutup Chandra. (*)

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

7 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

7 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

8 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago