Politic

Jelang Debat Cawapres, INDEF Tekankan Hal Ini ke Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Jumat (22/12). Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD bakal adu gagasan terkait tema ekonomi digital, APBN dan APBD, ekonomi kerakyatan, dan keuangan. 

Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Esther Sri Astuti, menyampaikan bahwa, untuk sektor ekonomi digital, para cawapres harus mewaspadai adanya tren perkembangan ekonomi digital.

Baca juga: PPATK Temukan Transaksi Janggal Pemilu 2024, Ganjar: Kalau Sumbernya Haram, Tracing Gampang

“Menurut saya yang harus diwaspadai adalah bagaimana harus mengikuti tren perkembangan ekonomi digital ini untuk pemerintah kalau mau memberikan lapangan kerja lebih banyak,” ucap Esther dalam Diskusi Publik INDEF secara virtual di Jakarta, 21 Desember 2023.

Terlebih, kata Esther, pada 2045 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, di mana jumlah penduduk Indonesia sebanyak 70 persen akan didominasi oleh usia produktif antara 15-64 tahun dan sisanya merupakan penduduk tidak produktif.

Oleh karenanya, lanjut Esther, perkembangan tren ekonomi digital harus diwaspadai karena digitalisasi saat ini semakin masif yang mempersempit lapangan pekerjaan sektor formal dan beralih ke pekerjaan di sektor informal.

Sehingga, menurut Esther, para capres dan cawapres perlu menyusun strategi yang lebih matang untuk menghadapi dampak dari ekonomi digital. Salah satunya terkait dengan mendukung masyarakat agar lebih melek teknologi.

Baca juga: Perbandingan Dana Kampanye Anies, Prabowo, dan Ganjar, Mana Paling Besar?

“Dengan targetnya 15-17 juta (lapangan pekerjaan baru) maka mereka harus bisa menyusun strategi bagaimana masyarakat ini bisa melek teknologi, caranya kita tunggu bagaimana gagasan dari capres cawapres,” imbuhnya.

Adapun, visi misi dari pasangan Anies-Muhaimin, menargetkan akan menciptakan sebanyak 15 juta lapangan pekerjaan baru, kemudian pasangan Prabowo-Gibran menargetkan lapangan pekerjaan yang berkualitas dan mendorong kewirausahaan, serta pasangan Ganjar-Mahfud akan menargetkan 17 juta lapangan pekerjaan baru. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

7 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago