Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis Bersama BUMN

Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis Bersama BUMN

Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis Bersama BUMN
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Jasa Raharja menggelar mudik gratis dengan tema “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022” yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 April 2022. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang telah mengisyaratkan bahwa masyarakat diperbolehkan melaksanakan mudik pada tahun ini. Namun tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya adalah telah mendapatkan vaksin satu hingga booster.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Kemenhub RI dalam rentang Februari-Maret menunjukan bahwa perkiraan peningkatan potensi mobilitas yang signifikan hingga 85 juta orang di semua sektor transportasi darat, udara, maupun laut, dan 50% dari total tersebut menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor.

Hal ini yang mendukung pemerintah serta arahan dari Menteri BUMN untuk melakukan kolaborasi tanggung jawab sosial lingkungan BUMN. Sehingga PT. Jasa Raharja ditunjuk sebagai ketua penyelenggara dan berkolaborasi bersama dengan 25 BUMN untuk menyelenggarakan mudik gratis.

Kolaborasi mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi potensi kendaraan pribadi yang mendominasi hingga 50%. Armada transportasi yang disiapkan pada mudik gratis kali ini terdiri dari bus dan kereta api dengan masing-masing berjumlah 510 bus dan 24 rangkaian kereta api yang dapat mengangkut lebih dari 20ribu masyarakat yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 April. Titik awal keberangkatan bus berlokasi di Gelora Bung Karno dan kereta api berlokasi di Stasiun Pasar Senen.

“Kami berharap bahwa mudik gratis ini dengan 510 bis dan 24 rangkaian kereta api yang akan dimulai sejak 27-29 April, begitu juga nanti arus balik yang dalam perkiraan kami mencapai lebih dari 20 ribu masyarakat, 5 ribu orang dengan bis, dan kemudian jasa raharja juga menyiapkan kereta api lebih banyak 15 ribu orang,” ujar Rivan A Purwantono selaku Direktur Utama Jasa Raharja, 20 April 2022.

Sesuai dengan tema mudik kali ini yang menekankan pada mudik aman dan sehat, menghadirkan sejumlah perbedaan dengan mudik tahun-tahun sebelumnya. Pada mudik 2022 segala hal terkait pendistribusian tiket, registrasi, verifikasi hingga melakukan check in pada saat hari keberangkatan dilakukan melalui aplikasi JRku ataupun menggunakan website yang telah disiapkan oleh BUMN untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan registrasi. Ditambah juga masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik gratis ini diwajibkan telah mendapatkan vaksin 1,2 dan booster, serta menjaga protokol kesehatan yang ketat. 

Tentunya ada perbedaan yang mendasar tahun sebelumnya tidak ada persyaratan prokes pemeriksaan fisik, pandemi membuat kita banyak belajar termasuk terhadap data kesehatan masyarakat, dan termasuk kita bisa melakukan pendaftaran ini melalui outlet inilah mungkin cara baru yang kita kembangkan dari aplikasi JRku yang bisa kita kembangkan bahkan kita juga memberikan kemudahan dengan mengunakan web service, yang bisa digunakan dan ini adalah aplikasi yang disiapkan BUMN kepada masyarakat,” tambah Rivan.

Rute yang disiapkan pada mudik gratis tahun ini menyasar lebih dari 12 rute tujuan dari Jakarta untuk moda transportasi bus dan lebih dari 18 rute untuk kereta api bertujuan ke kota kota di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tidak hanya armada transportasi yang disiapkan tetapi juga hal-hal penunjang mudik lainnya, seperti persiapan penambahan rambu-rambu yang berjumlah lebih dari 5ribu, survei jalan, survei mudik, hingga survei terminal.

Jasa Raharja juga telah menyiapkan 2 ribu posko dengan 2 ribu personel yang akan bersiaga 24 jam, dan lebih dari 240 rumah sakit sebagai tindakan reaksi cepat untuk pertolongan pertama jika terjadi laka lantas. 

Mudik Aman dan Mudik Sehat ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 April dan pada tanggal 27 April Jasa Raharja bersama BUMN akan mengadakan pelepasan mudik bersama tersebut dengan titik awal bus berlokasi di Gelora Bung Karno yang akan dilaksanakan pagi hari dan kereta api berlokasi di Stasiun Pasar Senen akan dilaksanakan pada sore hari. (*) Khoirifa Argisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]