Keuangan

Jamkrindo Bangun Rumah Veteran Eks Timtim

Kupang – Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melakukan sinergi BUMN dengan menggelar kegiatan sosial di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada dua kegiatan yang dilakukan, yakni pembangunan rumah pejuang integrasi eks Timor Timur (Timtim) sebanyak 60 unit dan pemberian bantuan buku serta renovasi sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan.

Kegiatan yang dimotori oleh Kementerian BUMN ini dipimpin langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Acara yang juga dihadiri oleh Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto itu dilaksanakan pada Selasa, 6 Maret 2018.

Kegiatan sosial pembangunan rumah veteran ini dilakukan secara sinergi antara Jamkrindo dengan dengan sejumlah BUMN lainnya, yakni PT Angkasa Pura I, PT Asabri, PT Pegadaian, PT Pelindo III, dan PT BTN di Kupang, senilai Rp4,5 miliar. Sementara untuk pembangunan renovasi sekolah, Jamkrindo memberikan bantuan buku dan renovasi  sekolah untuk SMA Negeri 7 Kupang senilai Rp500 juta.

Penyerahan bantuan CSR/BL pada Provinsi NTT total Senilai Rp 17,50 miliar di antaranya di Kupang, di Kabupaten Larantuka, dan Adonara. Untuk di Kupang, bantuan CSR/BL untuk pendidikan, yakni bantuan beasiswa pada 20 siswa SD, 20 siswa SMP, 20 siswa SMA, dan 10 mahasiswa untuk  Universitas Cendana, renovasi Paud Kharisma Kreatif, dan sarana prasarana ibadah dan sarana prasarana umum.

Selain itu, bantuan untuk renovasi 4 SD di Kabupaten Kupang, bantuan Renovasi 4 SD di Kabupaten Kupang (SD Inpres Labat, SDN Maulafa, SDN Naikoten, SDN Oehendak), bantuan renovasi SMP N 13 Kupang, penyerahan bantuan pelatihan menjahit dan mesin jahit pada UKM, bantuan Coldbox untuk 20 nelayan, bantuan pelatihan montir, dan pelatihan pariwisata.

Baca juga: Jamkrindo Tingkatkan Kualitas Bisnis

Sementara, di Larantuka sejumlah kegiatan CSR juga dilakukan, yakni bantuan beasiswa pada 20 siswa SD, 20 siswa SMP, 20 siswa SMA, dan 10 mahasiswa, bantuan renovasi SDLB Weri, dan taman baca sekolah

Bantuan CSR juga dikucurkan untuk infrastruktur, bantuan kelistrikan kepada 12 desa di Kecamatan Tanjung Bunga Ujung Timur Larantuka, penyerahan bantuan sarana air bersih (dua sumur bor), simbolis bantuan CSR untuk pemberdayaan ekonomi, bantuan pelatihan montir dan pelatihan pariwisata, bantuan alat pembuat tempe dan taman baca sekolah, dan kegiatan siswa menjahit dan memasak.

Kegiatan sinergi BUMN ini mendapatkan dukungan dari sejumlah BUMN dan juga dihadiri oleh Direksi BUMN yang terlibat dalam kegiatan ini, di antaranya Bank Mandiri, BRI, PT PLN, PT ASDP, Pertamina, Pegadaian, PT AP 2, PT Garuda Indonesia, dan BTN.

Dirut Jamkrindo Randi Anto mengatakan, kegiatan sosial ini sebagai bentuk perwujudan “BUMN Hadir Untuk Negeri” sehingga keberadaan Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN yang memberikan penjaminan bagi UMKMK bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

”Melalui sinergi BUMN ini masyarakat akan lebih banyak lagi merasakan keberadaan BUMN di seluruh wilayah Indonesia,” kata Randi Anto di Kupang. (*) Darto Wiryosukarto

Risca Vilana

Recent Posts

BEI Buka-bukaan soal Nasib Listing Bank Muamalat

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara terkait rencana pencatatan saham alias listing PT Bank… Read More

24 mins ago

Akuisisi Bank Banten (BEKS), Bank Jatim (BJTM) Masih Negosiasi Harga Final

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim (BJTM) mengumumkan rencananya… Read More

52 mins ago

Kemendag: Efisiensi Tol Laut Dorong Pemerataan Ekonomi di Wilayah Terpencil

Jakarta - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang menyatakan bahwa program… Read More

1 hour ago

Ribuan Peserta Ramaikan Lomba Nusantara TNI Fun Run yang Didukung Bank Mandiri

NUSANTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan acara Nusantara TNI Fun Run pada Minggu,… Read More

2 hours ago

IHSG Sesi I Parkir di Zona Hijau ke Level 7.500

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (7/10) bertahan… Read More

3 hours ago

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

4 hours ago