News Update

Jalin Sinergi, Nanobank Syariah Berikan Layanan Perbankan untuk Muhammadiyah

Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan PT Bank Nano Syariah (Nanobank Syariah) bersinergi menjalin kerja sama strategis yang diditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2024.

Direktur Utama Nanobank Syariah, Halim mengungkapkan bagi Nanobank Syariah dapat menjalin kemitraan dan bekerja sama dengan PP Muhammadiyah merupakan tonggak sejarah bagi perseroan.

Nanobank Syariah terus berkomitmen memperkuat dan membangun ekosistem syariah di berbagai sektor salah satunya dengan Muhammadiyah yang memiliki amal usaha (AUM) di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi.

“Jenis kerja sama dengan PP Muhammadiyah itu di semua bidang. Inti dari bank itu bagaimana menata kelolakan fungsi intermediasi, maka Nanobank Syariah akan coba mengoptimalkan itu,” ujar Halim dalam keterangan resmi dikutip 26 Juli 2024.

Baca juga: Muhammadiyah Dikabarkan Bakal Akuisisi KB Bank Syariah, Begini Tanggapan OJK 

Dia melanjutkan, pihaknya mencoba masuk dari uniknya ekosistem syariah, yaitu dengan produk layanan Mudharabah Muqayyadah. Di mana fungsi mudharabah muqayyadah ini mengoptimalkan dari segi mudharib (penerima dana), bagaimana supaya ia mendapatkan sebuah nilai yang kompetitif. Sedangkan dari segi shahibul maal (pemilik dana) bagaimana ia mendapatkan imbal hasil yang sangat kompetitif.

“Era sekarang ini era berkolaborasi dan bersinergi. Kami punya beberapa keunggulan. Bagaimana kami satu padukan keunggulan tersebut agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kedua pihak dan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bendahara Umum PP Muhammadiyah Hilman Latief mengungkapkan, kerja sama dengan Nanobank Syariah dilakukan untuk pengembangan Persyarikatan Muhammadiyah, baik infrastruktur ataupun pembiayaan yang lain. Selain itu, ia menyatakan pihaknya terbuka dalam melakukan kerja sama dengan golongan manapun.

“Kami dari pimpinan pusat tentu membuka diri dengan berbagai pihak, yang tentunya kita juga ingin bersinergi lebih baik karena bagaimanapun industri keuangan, termasuk bank syariah salah satu penopang kinerja organisasi Muhammadiyah,” ucap Hilman.

Baca juga: Keluar dari BSI, Muhammadiyah Mulai Merapat ke Bank-bank Lain, Ini Daftarnya

Dalam kegiatan tersebut Nanobank Syariah juga berkesempatan mewakafkan ratusan mushaf Alquran kepada PP Muhammadiyah yang secara simbolis diterima oleh Direktur Utama Lazis Muhammadiyah Ibnu Tsani.

Penyaluran wakaf Alquran ini merupakan salah satu dari kegiatan rutin yang dilakukan oleh Nanobank Syariah sejak masih sebagai Unit Usaha Syariah Bank Sinarmas serta dilakukan juga oleh pilar usaha Sinar Mas lainnya di Indonesia bekerja sama dengan berbagai mitra baik pemerintah maupun lembaga-lembaga keagamaan. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

9 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

9 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

9 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

9 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

10 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

10 hours ago