News Update

Jahja BCA: Open Banking Jadi Keharusan di Tengah Pandemi

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menilai, digitalisasi open banking menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh pelaku perbankan di era pandemi covid-19. Menurutnya, digitalisasi tak hanya memudahkan nasabah saja, namun dari sisi internal digitalisasi dapat menciptakan efisiensi bank.

Demikian hal tersebutdisampaikan Jahja dalam Webinar dan E-Awarding Infobank dengan tema ‘Traditional Bank Vs Challanger Banks in The Era Of Open Banking” di Jakarta, Selasa, 29 September 2020. Dirinya menyadari tidak semua pelaku bank sanggup melakukan digitalisasi secara cepat, namun setidaknya prinsip efisiensi harus tetap dipegang pelaku perbankan.

“Digitalisasi adalah suatu keharusan di masa pandemi.  Mungkin dari 100 bank di Indonesia tidak semuanua sanggup masuk ke digital secara cepat. Namun setiap bank wajib mengembangkan efisiensi, ini bisa membuat suatu culture perusahaan sadar akan digitalisasi,” kata Jahja.

Jahja menambahkan, open banking sepatutnya tidak hanya mengenai transformasi infrastruktur digital secara internal, namun benar benar menyentuh keinginan serta kebutuhan nasabah disetiap genggaman atau melalui layanan mobile banking.

“Open banking ini juga tantangan. Pengerjaan open banking ini bukan hanya dicabang atau mobile saja, tetapi ialah layanan kepada nasabah untuk bisa buka dimanapun kapanpun dalan genggaman,” tambah Jahja.

Menurutnya, saat ini pendemi covid-19 telah merubah kebiasaan masyarakat dan nasabah dalam bertransaksi. Oleh karena itu pelaku perbankan harus siap dan mengantisipasi hal tersebut dengan layanan digitalisasi yang sudah disiapkan secara prima. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Survei BI: Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Meningkat pada September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan indeks ketersediaan lapangan pekerjaan pada September 2024 mengalami peningkatan. Hasil survei konsumen… Read More

46 mins ago

Jokowi Klaim Proses Transisi ke Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Berjalan Mulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) update soal transisi pemerintahan ke presiden terpilih. (Foto: istimewa) Read More

1 hour ago

Jokowi: Indonesia Berpotensi jadi Negara Super Power Ekonomi Baru

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi, akan ada sejumlah negara di kawasan Asia yang… Read More

1 hour ago

Terbaru! Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Siapa Paling Tajir?

Jakarta – Forbes kembali merilis data terbaru orang terkaya di dunia. Ada banyak perubahan yang… Read More

1 hour ago

Konsisten Dukung Pendidikan, Tugu Insurance Bangun Perpustakaan dan Berikan Literasi Keuangan untuk Siswa

Jakarta – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan… Read More

2 hours ago

Soal Isu Divestasi ANZ dan Keluarga Gunawan, Begini Penjelasan Panin Bank

Jakarta - PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN) atau Panin Bank memberi penjelasan terkait isu… Read More

3 hours ago