Moneter dan Fiskal

Jaga Stabilitas Inflasi, Pemerintah Tambah 10 Tim TPID Daerah

Jakarta – Bank Indonesia (BI) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengaku akan terus berkomitmen menjaga stabilitas fundamental ekonomi dengan menjaga angka inflasi nasional.

Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut, Pemerintah akan terus meningkatkan jumlah tim TPID di daerah guna menjaga angka inflasi nasional. Dirinya juga mengatakan, hingga saat ini dari seluruh wilayah Indonesia masih terdapat 10 daerah yang belum membentuk TPID. Oleh karena itu pihaknya optimis akan menambah 10 Tim TPID daerah tersebut.

“Sekarang kita sudah ada 532 TPID dan tinggal 10 daerah lagi yang belum membentuk TPID nya, mudah-mudahan daerah-daerah tersebut segera membentuk” kata Darmin di Grand Sahid Hotel Jakarta, Kamis 26 Juli 2018.

Baca juga: Jokowi Berharap Inflasi Dikisaran 2%

Darmin menjelaskan, ke sepuluh daerah yang belum membentuk TPID tersebut didominasi oleh daerah timur yang masih terbatas dalam segi infrastrukturnya. Oleh karena itu, pihaknya pada rapat koordinasi tahun ini fokus untuk dapat meningkatkan infrastruktur penunjang guna terpenuhinya target inflasi.

“Pokok nya di daerah Timur di Papua sana. Hampir semua disana, makanya saya laporkan tadi, supaya bisa diletakan. Sampai akhir tahun ini kita ingin (sudah) dibentuk,” kata Darmin.

Sebagai informasi, pada tahun 2018 ini BI menargetkan inflasi 3,5% plus minus 1% dan 2019 sebesar 3% plus minus 1%. Koordinasi kebijakan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BI dalam pengendalian inflasi akan terus diperkuat. Hingga saat ini inflasi tetap terkendali didukung oleh ekspektasi yang terjaga dan pasokan yang stabil. Inflasi IHK pada Juni 2018 tercatat 0,59% (mtm). (*)

Suheriadi

Recent Posts

Antrean IPO Turun Jelang Jokowi Pensiun, BEI Bilang Begini

Jakarta - Jumlah perusahaan antre penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek… Read More

4 hours ago

Cara OJK Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menunjukannya komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penguatan industri… Read More

6 hours ago

FEB UI Anugerahi eks Gubernur BI Soedradjad Djiwandono Penghargaan Wirakarya Adhitama

Depok - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menganugerahkan penghargaan Wirakarya Adhitama kepada… Read More

6 hours ago

IHSG Ditutup Menguat, 5 Saham Ini Jadi Penopang

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami peningkatan sebesar 0,33 persen di… Read More

10 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Naik 0,33 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.532

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

10 hours ago

Rp2,84 Triliun Modal Asing Keluar RI pada Pekan Kedua Oktober 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat pada minggu kedua Oktober 2024 terjadi aliran modal asing… Read More

11 hours ago