Teknologi

Jaga Keamanan Data, GoPay Pinjam Kini Didukung Tanda Tangan Digital VIDA

Jakarta Kemajuan dalam layanan keuangan tampaknya belum dapat dinikmati secara menyeluruh di Indonesia. Terutama bagi masyarakat segmen menengah ke bawah dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Untuk mengatasi kesenjangan ini, GOTO Financial lewat aplikasi GoPay meluncurkan GoPay Pinjam yang menawarkan akses pinjaman untuk menjangkau segmen masyarakat yang belum terlayani.

Davin Karis, SVP Business and Strategy Consumer Lending GOTO Financial mengatakan, ekosistem pembiayaan fintech yang unik di Indonesia, tidak hanya mendapati peluang pasar yang besar, tetapi juga tantangan yang tidak kalah besar. Sekitar 70 persen dari nasabah pembiayaan fintech dikategorikan sebagai “credit invisible” atau tidak memiliki catatan kredit, sehingga dibutuhkan solusi lain yang lebih sesuai dibandingkan metode penilaian kredit tradisional.

Baca juga: GoPay dan Jago Rilis Fitur Rekening Simpanan, Ini Keuntungannya

Lewat GoPay Pinjam, kata Davin, pihaknya menyediakan akses pinjaman yang lebih mudah. Namun, tetap memprioritaskan keamanan dan privasi data. Untuk itu, pihaknya menggandeng PT Indonesia Digital Identity (VIDA), Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dengan memanfaatkan Tanda Tangan Digital VIDA.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan proses aplikasi dan persetujuan pinjaman yang lancar dan aman, serta memungkinkan untuk diakses kapan saja dan di mana saja.

“Tanda tangan digital yang diverifikasi secara biometrik ini tidak hanya menyederhanakan proses penandatangan perjanjian pinjaman tetapi juga melindungi pelanggan dari ancaman penipuan dan pemalsuan dokumen yang semakin meningkat,” ungkapnya.

Dengan menghadirkan GoPay Pinjam, lanjut Davin, pihaknya berkomitmen untuk turut merevolusi dan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

“Dengan platform kami, lebih banyak masyarakat menengah ke bawah dan pelaku usaha kecil dapat lebih mudah mengakses dana pada saat dibutuhkan, dengan mengetahui bahwa keamanan dan privasi mereka adalah prioritas utama bagi kami,” ujarnya.

Baca juga: Pengembangan UMKM Berbasis Risiko Likuiditas

“GoPay Pinjam juga bertujuan untuk memberdayakan individu dan UKM, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Sementara, Managing Director VIDA, Adrian Anwar menegaskan dengan mengintegrasikan tanda tangan digital yang terverifikasi ke dalam GoPay Pinjam, pihaknya memastikan standar keamanan dan efisiensi tertinggi.

“Selain itu juga meningkatkan experience nasabah sambil memitigasi risiko yang terkait dengan proses penandatangan perjanjian secara manual,” kata Adrian. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 hour ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

2 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

4 hours ago