News Update

ISEI Ungkap Kunci Kembangkan Ekonomi Syariah

Jakarta – Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) yang juga Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta, Inarno Djajadi mengungkapkan, terdapat sejumlah faktor kunci dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di suatu negara.

Faktor pertama menurut Inarno adalah adanya dukungan penuh dari pihak pemerintah, sebagai penentu kebijakan dalam memajukan keuangan syariah. Sementara kunci kedua, lanjut Inarno adalah upaya pengembangan industri keuangan syariah di suatu negara telah dicanangkan sebagai program nasional.

Faktor selanjutnya kata Inarno, pengembangan ekonomi syariah telah terealisasikan dalam bentuk badan khusus untuk koordinasi lintas otoritas, guna mempermudah kerja sama terkait penentuan kebijakan serta berbagai aspek pendukung bagi industri keuangan syariah tersebut.

“Pembentukan KNKES juga sebagai badan khusus untuk lintas otoritas untuk perluas pengembangan dan sinergi sektor ekonomi syariah,” kata Inarno melalui video conference diskusi ISEI di Jakarta, Rabu 17 Maret 2021.

Sementara faktor terakhir, menurut Inarno adalah upaya yang gigih dan berfokus pada langkah pemanfaatan keunggulan kompetitif potensi syariah suatu negara.

Inarno mengakui bahwa Pemerintahan Indonesia telah memberikan dukungan yang amat nyata melalui peluncuran masterplan ekonomi syariah Indonesia. Hal itu bahkan sempat disampaikan sendiri oleh Presiden Joko Widodo, sebagai program dan strategi nasional pada tanggal 14 Mei 2019 lalu. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Simak! Berikut Langkah Kunci Rekomendasi BPKP Terkait Penguatan Tata Kelola BUMN

Jakarta - Plt Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh membeberkan sejumlah… Read More

1 hour ago

Rusia Serang Balik AS, Aset JP Morgan dan Mellon Dibekukan hingga Rp5,6 Triliun

Jakarta - Pengadilan Arbitrase Wilayah Moskow membekukan dana Bank New York Mellon AS (NYSE:BK) yang… Read More

2 hours ago

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

3 hours ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

3 hours ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

3 hours ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

3 hours ago