Pasar Modal

Investor Wajib Tahu! Ini 3 Sentimen Krusial Sepekan ke Depan

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meningkat signifikan dalam sepekan lalu pada periode 14-18 Oktober 2024 sebesar 3,18 persen dan bertahan di level 7.760,06 pada akhir perdagangan, Jumat, 18 Oktober 2024.

Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT), Angga Septianus, menyebut terkait dengan potensi market pada 21-25 Oktober 2024, Angga mengimbau para trader mencermati dua sentimen, yakni laporan keuangan kuartal III-2024 dan pergerakan investor asing.

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan pengumuman kabinet baru Prabowo, yakni Kabinet Merah-Putih juga akan menjadi perhatian investor domestik maupun investor asing.

Trader wajib mencermati perkiraan rilis laporan keuangan yang akan mulai dirilis jelang akhir Oktober. Selain itu pengumuman kabinet baru juga menjadi perhatian investor domestik maupun asing untuk kembali mengambil posisi ke saham-saham terkait kebijakan Prabowo untuk periode ke depan,” ucap Angga dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Baca juga: Pelaku Pasar Sambut Positif Kabinet Prabowo, IHSG Menguat ke Level 7.782

Angga menjelaskan penguatan IHSG pada pekan lalu ditopang oleh dua top gainers yakni sektor teknologi yang naik sebesar 5,81 persen, tertopang kenaikan saham GOTO 13 persen dalam seminggu.

Lalu sektor non-siklikal juga naik sebesar 4,02 persen tertopang saham-saham consumer, seperti INDF, saham sawit LSIP dan AALI.

Adapun dua top loser yang masih membebani laju IHSG antara lain sektor kesehatan yang melemah sebesar 2,17 persen, terutama disebabkan oleh koreksi saham sektor kesehatan dan sektor siklikal yang melemah 0,08 persen. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Polemik Disertasi Menteri Bahlil, Guru Besar UIN Jakarta dan Dekan FEB UI Bilang Begini

Jakarta – Disertasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar… Read More

2 mins ago

Analis Ungkap Tantangan Kabinet Merah Putih Prabowo, Singgung Daya Beli Masyarakat

Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden… Read More

45 mins ago

Airlangga Kembali Jadi Menko Perekonomian, Dapat Tugas Baru di Sektor Investasi dan Pariwisata

Jakarta – Presiden Prabowo Subianto kembali menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian di Kabinet… Read More

1 hour ago

Pengamat: Target Prabowo Ekonomi 8 Persen Sulit Tercapai

Jakarta – Target pertumbuhan ekonomi 8 persen yang hendak dicapai pemerintahan Prabowo-Gibran dinilai terlalu ambisius’.… Read More

2 hours ago

3 Tantangan Ekonomi Prabowo-Gibran Versi Pengusaha

Jakarta – Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Ajib Hamdani menyatakan terdapat tiga tantangan mendasar secara… Read More

3 hours ago

Sempat Melemah, IHSG Sesi I Ditutup Menguat 0,27 Persen

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini, Senin, 18… Read More

3 hours ago