News Update

Ini Tips Aman Berinvestasi di Tengah Pandemi

Jakarta – Kondisi pandemi covid-19 yang tidak menentu jangan menjadi penghalang niat kita untuk berinvestasi. Setidaknya kata-kata itu yang harus ditanamkan bagi investor pemula.

Hal tersebut diungkapkan CEO Eastspring Investments Indonesia, Alan T Darmawan pada program diskusi bersama Prudential Indonesia. Dirinya mengatakan, ditengah kondisi ekonomi yang menurun, pasti selalu ada instrumen yang berkinerja bagus.

Oleh karena itu, menurutnya ada 3 hal utama yang harus dipahami investor untuk kembali masuk ke pasar saham, yaknk melihat profil risiko, melihat horison investasi serta melihat tingkat pengalaman

“Bagi para investor, melihat profil risiko merupakan kewajiban. Di tengah pandemi, Anda disarankan untuk melihat kembali profil risiko Anda, apakah konservatif, moderat, atau agresif,” kata Alan melalui video conference di Jakarta, Selasa 16 Juni 2020.

Jika konservatif, tambahnya, investor bisa masuk di instrumen pasar uang (money market). Tapi jika moderat hingga agresif, Anda bisa masuk di saham, pendapatan tetap (fix income), maupun balance fund.

Cara kedua yang perlu dilakukan investor adalah melihat kembali horison investasi. Dengan melihat kembali, Anda akan merasa terpandu dalam menentukan berapa lama akan berinvestasi di suatu aset dengan pertimbangan imbal hasil maupun risikonya.

Tips terakhir ialah mengukur dan melihat tingkat pengalaman. Menurutnya hal itu akan menentukan aksi saat berinvestasi. Bila investor merasa memiliki tingkat pengalaman yang cukup, Anda bisa dengan mudah mengenali instrumen apa yang cocok. Bahkan, investor tak perlu bantuan manajer investasi saat kembali masuk ke pasar saham maupun obligasi.

Novi Imelda selaku Chief Investment Officer Prudential Indonesia juga menambahkan, dalam enanggapi kondisi pasar dalam negeri yang terdampak oleh pandemi COVID-19 dan tekanan global, Prudential Indonesia bersama Eastspring Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisasi volatilitas investasi Nasabah.

“Sebagai pemimpin pasar dengan pengalaman mendalam di sektor keuangan, Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia memiliki posisi yang kuat untuk senantiasa mendampingi Nasabah dalam menghadapi kondisi pasar yang penuh ketidakpastian,” ucap Novi.

Dalam mengelola investasi nasabah, khususnya di tengah fase normal baru ini, Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia menerapkan prinsip kehati-hatian secara optimal dalam memilih saham dan hanya yang memiliki fundamental baik dan pendanaan yang kuat.

Terkait dana investasi saham, perusahaan fokus berinvestasi di berbagai sektor yang cenderung tangguh ketika pertumbuhan ekonomi melambat dan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang seperti konsumsi, kesehatan, dan komunikasi yang diharapkan dapat mengurangi volatilitas. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

45 mins ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

1 hour ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

2 hours ago

Awal Pekan, IHSG Dibuka pada Zona Hijau ke Level 7.509

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (7/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

2 hours ago

IHSG Rawan Terkoreksi, Intip 4 Rekomendasi Saham Berikut

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

2 hours ago

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

15 hours ago