Ini Tanggapan BEI Terkait Kasus Fraud Mantan Direksi AISA

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghormati proses peradilan terkait perkara hukum yang melibatkan mantan direksi PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk (AISA).

Hal ini disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna Setya mengenai tanggapan pihak BEI soal kasus fraud laporan keuangan AISA.

“Sehubungan dengan perkara hukum yang melibatkan mantan Direksi AISA, Bursa sangat menyayangkan perkara yang melibatkan mantan Direksi Perusahaan Tercatat tersebut. Bursa dalam hal ini senantiasa menghormati proses peradilan yang masih berjalan serta aparat penegak hukum yang menangani kasus tersebut,” ujarnya kepada media,

Bursa sendiri lanjutnya senantiasa  mendorong Perusahaan Tercatat untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bursa yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai salah satu anggota ASEAN Capital Market Forum (ACMF), ikut berperan aktif dalam salah satu inisiatif ACMF, yakni kegiatan penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS).

“Tujuan utama dari kegiatan penilaian tersebut adalah untuk meningkatkan standar dan praktik tata kelola perusahaan tercatat di ASEAN, sehingga perusahaan tercatat di ASEAN dapat menjadi Asset Class bagi investor internasional,” terangnya.

Seperti diketahui, sebelumnya diberitakan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis dua mantan direksi PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, Joko Mogoginta dan Budhi Istanto dengan hukuman penjara masing-masing selama empat tahun dan denda masing-masing Rp 2 miliar subsider tiga bulan penjara. Keduanya dinyatakan bersalah lantaran telah melakukan manipulasi laporan keuangan 2017 dengan tujuan mengerek harga saham perseroan. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

1 hour ago

Dukung Pertumbuhan Bisnis Nasabah, BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan kapabilitas terbaru dari aplikasi… Read More

1 hour ago

Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Jakarta - PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan internasional AIESEC mengajak ratusan anak… Read More

2 hours ago

Indonesia Privacy Leader Summit 2024: Memastikan Masa Depan Data yang Aman di Era Digital

Jakarta – Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP),… Read More

3 hours ago

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyinyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

4 hours ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

5 hours ago