News Update

Ini Strategi Bank Mandiri Menjaga Pendapatannya Ditengah Restrukturisasi

Jakarta – Program restrukturisasi kredit perbankan dinilai membuat pendapatan perbankan sedikit tertekan karena harus menyiapkan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN). Oleh karena itu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menerapkan strategi penghematan guna mengatasi permasalahan tersebut.

“Karena kita akan banyak melakukan restrukturisasi, tentu akan ada tekanan ke pendapatan dan ada tekanan di mana kita harus menambah biaya CKPN. Sehingga tentu akan ada koreksi untuk kinerja akhir tahun. Kita berkomitmen melakukan penghematan di semua pos yang kita bisa lakukan penghematan,” kata Direktur Keuangan Bank Mandiri Silvano Rumantir melalui video conference di Jakarta, Senin 8 Juni 2020.

Dirinya mengatakan, rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) memang sedikit meningkat tipis hingga kuartal I-2020 sebesar 68,83% bila dibandingkan tahun sebelumnya di 68,18%. Dirinya mengaku terus menjaga kesehatan BOPO miliknya agar bisnisnya tetap tumbuh ditengah pandemi covid-19.

“Secara prinsip melalui inisiatif sendiri sudah melakukan penghematan, walaupun dari beberapa pos ada yang kita alihkan untuk Covid-19. Namun kami fokus menjaga BOPO kami seefisien mungkin,” tukasnya.

Sebagai informasi saja hingga 7 Juni 2020 telah merestrukturisasi kredit terdampak covid-19 sebanyak 404 ribu debitur. Angka tersebut terus meningkat dari total pada 29 Mei 2020, yang telah merestrukturisasi 323 ribu debitur. Meski begitu hingga kuartal I-2020 Bank Mandiri masih berhasil membukukan laba bersih Rp7,92 triliun, atau tercatat tumbuh 9,44%. (*)

Editor: Restrukturisasi Kredit

Suheriadi

Recent Posts

BEI Catat Ada 32 Perusahaan Antre IPO, 12 Beraset Jumbo

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat per 27 September 2024, terdapat 32 perusahaan… Read More

2 mins ago

Seleksi PPPK 2024 Dibuka Hari Ini, Cek Tata Cara Pendaftaran, Syarat Registrasi dan Jadwal Seleksi

Jakarta - Pendaftaran pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 resmi dibuka hari ini, Selasa,… Read More

25 mins ago

Naik 0,71 Persen, IHSG Sesi I Ditutup Bertahan di Zona Hijau

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (1/10) kembali… Read More

49 mins ago

Per Agustus 2024, LPS Jamin 592,42 Juta Rekening Nasabah Bank Umum

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melaporkan hingga Agustus 2024, pihaknya telah menjamin sebanyak 99,27… Read More

2 hours ago

Dua Maskapai Internasional Buka Rute Baru ke RI: Salah Satunya akan Ramai Mendarat di Kertajati

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi sejumlah maskapai… Read More

3 hours ago

Ternyata Segini Gaji dan Tunjangan Anggota DPR yang Dilantik Hari Ini

Jakarta – Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 resmi dilantik di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 1 Oktober… Read More

3 hours ago