Ini Sektor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan III

Ini Sektor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan III

Ekonomi DKI Jakarta di 2018 Tumbuh Melambat
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi pada Triwulan III 2021 mencapai 3,51%. Adapun terdapat beberapa sektor-sektor perekonomian utama yang mendorong pertumbuhan ini.

“Bisa disimpulkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan III 2021 ini tumbuh 3,51% dengan sumber pertumbuhannya berasal dari Industri pengolahan mencapai 0,75% dan diikuti oleh industri perdagangan di 0,67%, pertambangan di 0,56%, konstruksi 0,38%, dan kategori lainnya sebesar 1,15%,” jelas Kepala BPS Margo Yuwono secara virtual, 5 November 2021.

Kemudian, BPS juga mencatat sumber pertumbuhan ekonomi jika dilihat dari dari pengeluaran. Net ekspor menjadi sumber pertumbuhan paling tinggi dengan kontribusi sebanyak 1,23%, diikuti dengan PTMB sebesar 1,18%, perubahan investasi sebesar 0,57%, dan konsumsi rumah tangga sebesar 0,55%.

Peningkatan ini ternyata berkorelasi dengan sektor pendorong pertumbuhan tertinggi, yaitu Industri. Petumbuhan sektor industri yang baik meningkatkan perdagangan dan juga ekspor Indonesia sehingga mampu menjadi sumber pertumbuhan ekonomi.

Lebih jauh jika dilihat secara wilayahnya, Pulau Jawa masih mendominasi kontribusi terhadap PDB dengan cakupan 57,54%. Adapun Pulau Sumatera mengikuti di 21,95%, Kalimantan di 8,32%, Sulawesi di 6,98%, dan Maluku serta Papua di 2,45%. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]