Ini Masukan Kadin Hadapi 2018

Ini Masukan Kadin Hadapi 2018

Kadin Minta Dunia Usaha Tetap Optimis
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Ketua Kamar Dagang dan lndustri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani memberikan beberapa masukan dan pandangan kepada pemerintah guna menghadapi prospek ekonomi pada tahun 2018. Menurutnya, hingga saat ini masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pelaku usaha salah satunya ialah masalah regulasi.

“Saya akan sampaikan, kendala-kendala apa yang masih perlu di kaji bersama. Pertama kebijakan yang tidak konsisten dari pemerintah yang berubah-ubah ini jadi kendala utama. Kalau demo saja itu tidak masalah, tapi begitu kebijakan yang tidak konsisten itu baru masalah karena berdampak langsung ke mereka,” ungkap Rosan pada acara Diskusi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan tema Prospek Ekonomi Indonesia 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis, 2 November 2017.

Selanjutnya dirinya juga menyoroti mengenai kebijakan ketenagakerjaan yang dinilai masih tidak menguntungkan pekerja. Dirinya juga menilai kebijakan mengenai pekerja ini masih belum konsisten.

“Saya mau menyampaikan policy tenaga kerja kita, ini salah satu hal yang menghambat iklim investasi di Indonesia. Saat ini mereka diberikan apresiasi tapi dilain sisi, saat perusahaan mereka tutup atau mereka keluar harus bayar berapa kali gaji,” ungkap Rosan.

Dan yang terakhir, Rosan juga mengkritisi ketidakharmonisan antara pemerintah pusat dan daerah dimana sering terjadi kesalahpahaman yang menghambat para pelaku usaha.

“Satu lagi kendala mengenai harmonisasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Mereka berinvestasi itu kebanyakan bikin pabrik di daerah. Biasayanya mereka di pusat sudah bagus, tapi pas di daerahnya ada kendala. Karena tiba-tiba ada kebijakan baru yang menambah beban,” ungkap Rosan.(*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]