News Update

Ini Jurus Pemerintah Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara mengenai Pertumbuhan Ekonomi Indonesia yang menunjukkan angka 5,01 persen pada triwulan kedua 2017. Angka tersebut dinilai masih sangat jauh dari target Pemerintah yang telah mematok pertumbuhan 5,2 persen di tahun 2017.

Oleh karena itu, guna mencapai target pertumbuhan ekononomi diangka 5,2 persen Pemerintah berkomitmen untuk menggenjot sektor investasi dan mempertahankan tingkat konsumsi di angka lima persen agar pertumbuhan ekonomi di triwulan III dan IV bisa tumbuh lebih cepat.

“Pertumbuhan triwulan II memang ada hal yang positif, tapi ada hal yang harus kita perhatikan secara serius. Kalau dari sisi investasi ekspor momentum tetap terjaga dan kita harap investasi dan eskpor ini akan terus semakin baik periode selanjutnya,” kata Sri Mulyani saat ditemui di acara The International Fund for Agricultural Development (IFAD) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2017.

Baca juga: Survei BI, Optimisme Konsumen Meningkat

Sri Mulyani menilai, tingkat konsumsi yang pertumbuhannya sudah mencapai 4,95 persen dinilai telah mengalami perbaikan. Pemerintah tetap melihat pencapaian tersebut sebagai hal positif namun tetap berhati-hati karena konsumsi memberikan dampak paling besar terhadap sisi permintaan.

Menkeu menambahkan, beberapa program pemerintah untuk bisa mengakselerasi tingkat konsumsi adalah program keluarga harapan dan beras sejahtera. Program tersebut dinilai efektif karena sifatnya adalah mendukung kepada masyarakat untuk mengurangi beban di masyarakat secara langsung.

“Eksekusi memang mungkin biasanya agak terlambat, namun kita bisa tingkatkan kapasitas masyarakat terutama yang menengah bawah bisa mendapatkan momentum meningkatkan konsumsinya,” ujar Sri Mulyani.

Sementara untuk masyarakat menengah, Sri Mulyani berharap bahwa pertumbuhan konsumsi yang positif tersebut dapat menimbulkan rasa percaya diri bagi mereka, sehingga bisa meningkatkan keinginan untuk melakukan investasi dan konsumsi. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Suheriadi

Recent Posts

BUMA Raih Perpanjangan Kontrak Rp107,8 Triliun dari Bayan Group

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) sebagai anak usaha utama dari PT Delta… Read More

44 mins ago

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga… Read More

2 hours ago

Bank BJB Gelar Kejuaraan Nasional Baseball Softball Salman Al Farisi III

Jakarta - Bank BJB berkomitmen terhadap pengembangan olahraga di kalangan generasi muda agar mendorong lahirnya… Read More

3 hours ago

Melesat 129,1 Persen, Laba Bersih Sunindo Pratama jadi Segini di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) kembali melanjutkan tren positif di kuartal III 2024… Read More

3 hours ago

DPR Optimistis Target Ekonomi 8 Persen Bisa Terealisasi

Jakarta – Pimpinan Komisi XI DPR RI optimis target pertumbuhan ekonomi 8 persen yang dicanangkan Presiden… Read More

4 hours ago

Aplikasi GoPay Kini Hadirkan Produk Asuransi Kesehatan, Ini Kelebihannya

Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang menaungi GoPay sebagai unit bisnis Financial… Read More

4 hours ago