Ini Dia Bank-Bank Peraih SLE Awards 2023 & Corporate Reputation Awards 2023

Ini Dia Bank-Bank Peraih SLE Awards 2023 & Corporate Reputation Awards 2023

Ini Dia Bank-Bank Peraih SLE Awards 2023 & Corporate Reputation Awards 2023
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Sebanyak 21 bank, terdiri dari 9 bank umum konvensional (BUKU), 3 bank umum syariah (BUS), 3 bank digital, dan 6 bank pembangunan daerah (BPD), berhasil
meraih penghargaan “Satisfaction, Loyalty, & Engagement Awards 2023” (SLE Awards
2023). Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia
(MRI) pada acara “6th Satisfaction, Loyalty, Engagement Awards 2023”, di ShangriLa
Hotel Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MRI bekerja sama
dengan Infobank terhadap 1.437 responden. Mereka adalah nasabah bank yang tersebar
di delapan kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Balikpapan/Samarinda, Makassar, dan Palembang. Ke-21 bank tersebut adalah 4 bank di kelompok bank modal inti (KBMI) IV, yakni Bank Mandiri, PaninBank, BCA, BNI, dan BRI.

Lima bank di KBMI III, yakni Bank Permata, Bank Maybank Indonesia, BTN, Bank OCBC NISP, dan Bank CIMB Niaga. Tiga bank umum syariah, yakni Bank Muamalat, BSI, dan BCA Syariah. Tiga ban digital, yakni Bank Jago, Bank Neo Commerce (BNC), dan Jenius (BTPN). Dan, enam bank pembangunan daerah (BPD), yakni Bank Sulselbar, Bank Sumselbabel, Bankaltimtara, Bank Jatim, Bank Sumut, dan Bank DKI.

Survei dilakukan pada rentang Oktober 2022 hingga Desember 2022 dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode intercept do area-are publik dan tempat keramaian karena ingin mendapatkan responden pengguna m-banking dari setiap sampel. “Survei ini juga mengevaluasi secondary bank (bank kedua yang dimiliki responden) yang digunakan responden. Responden kelompok ini ada 20% dari 1.437 responden,” ujar Harry Puspito, Direktur Utama Marketing Research Indonesia.

Hasil survei menunjukkan, indeks SLE perbankan Indonesia yang diukur dari 26 bank
meningkat ke angka 61,18%. Angka ini mengindikasikan bahwa secara umum
keterikatan nasabah dengan banknya masih bersifat rationally loyal. “Berdasarkan kategori bank, ikatan psikologis (SLE) yang tinggi dapat dilihat dari nasabah bank KBMI 4 (62,38%) DAN BPD (61,65%), sedikit lebih tinggi dibandingkan
dengan kategori nasabah bank KBMI 3 dan bank syariah,” ujar Harry Puspito.

Dalam catatan Biro Riset Infobank (birI), selama dua tahun masa pandemi bank-bank
mengalami peningkatan pada transaksi elektronik dan digital banking. Bank-bank
dengan layanan elektronik dan digital yang lengkap memberikan kepuasan kepada
nasabah.

“Loyalitas dan keterikatan nasabah menjadi salah satu faktor pendukung bank dalam
meningkatkan pendapatan dari fee based income dan mengejar dana murah. Untuk itu, bank-bank harus mampu melakukan transformasi digital yang memberikan kemudahan kepada nasabahnya dalam melakukan transaksi, sehingga mereka akan menjadi nasabah loyal dan engage,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank.

CORPORATE REPUTATION AWARDS

Selain acara pemberian penghargaan “SLE Awards 2023”, pada kesempatan yang sama
juga digelar pemberian penghargaan “Corporate Rreputation Awards 2023”. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank. Ada 10 bank yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai bank dengan reputasi perusahaan terbaik tahun 2023.

Ke-10 bank tersebut adalah BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank OCBC NISP, Bank Permata, Bank Panin, Bank Mega, Bank DKI, Bank Sumselbabel, dan Bankaltimtara.

Acara pemberian penghargaan “SLE Awards 2023” dan “Corporate Reputation Awards 2023” diawali dengan acara “Starting Year Forum 2023” dengan tema “Bauran Kebijakan Bank Indonesia di Tengah Turbulensi Ekonomi Global”. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Dr. Perry Warjiyo memberikan executive lecture. Acara yang juga bisa disaksikan secara daring melalui channel Infobank TV tersebut terselenggara berkat dukungan sponsor antara lain BCA, Bank BTN, Bankaltimtara, Bank Sulselbar, Bank Jatim, Bank DKI, BSI, Bank Sumselbabel, BCA Syariah, Bank Muamalat, Bank Jago, dan Bank CIMB Niaga.

Untuk mengetahui lebih rinci daftar bank peraih “SLE Awards 2023” dan “Corporate
Reputation Awards 2023” dan kategorinya, bisa dilihat di Majalah Infobank edisi Januari
2023, atau melalui Infobankstore. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]