Teknologi

Ini Ciri-Ciri Aplikasi yang Sudah Cloud Ready

Jakarta – Aplikasi perbankan di masa digital harus siap menerapkan layanan public cloud atau cloud ready untuk merespon kebutuhan pasar. Arief Pribadi, Technical Director Nutanix Indonesia mengungkapkan ada 4 ciri-ciri aplikasi yang sudah siap menerapkan layanan public cloud.

“Karateristik pertama, culturenya harus DevOps. Budaya pengembangan software dan operasional aplikasi harus bersinergi dan berjalan berkesinambungan,” jelas Arief dalam sebuah diskusi virtual bertema ‘The Importance of Hybrid Could Enhancing Banking Services’.

Kemudian, karateristik kedua adalah otomasi. Aplikasi yang dikembangkan harus mampu mengotomasi proses bisnis, sehingga meningkatkan efisiensi. Pada karateristik ketiga, aplikasi cloud ready umumnya berada dalam kontainer yang kecil, atau aplikasi yang berukuran 10-500 MB. Dengan kontainer yang kecil, aplikasi akan lebih mudah untuk dibuat dan dioperasikan.

Karateristik terakhir bagi aplikasi cloud ready adalah arsitektur layanan mikro. Setiap aplikasi, terdiri dari layanan-layanan yang terkumpul menjadi satu, terkoneksi melalui application programming interface (API), dan independen. Sehingga, pengembangan layanan akan mengikuti keinginan atau minat dari pasar. 

“Cloud service ini aplikasi baru yang benefitnya bagi bisnis adalah pengembangan software yang sangat cepat. Teknologi yang menggunakan layanan mikro akan lebih agile, lebih gesit dalam merespon kebutuhan bisnis,” kata  Arief.

Untuk itu, setiap pelaku industri jasa keuangan perlu mulai menerapkan aplikasi cloud ready dan teknologi public cloud dalam layanannya. Selain mampu mengakselerasi bisnis,  pemanfaatan layanan-layanan public cloud  mampu menambah efisiensi biaya dan mempercepat proses digitalisasi. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

4 mins ago

BNI Asset Management Gandeng Bank BTPN Perluas Jaringan Distribusi Reksa Dana

Jakarta - BNI Asset Management (BNI AM) pada hari ini (9/10) mengumumkan kerja sama dengan… Read More

20 mins ago

BI Sebut Penjualan Eceran September Terkontraksi Secara Bulanan, Gegara Ini

Jakarta - Kinerja penjualan eceran pada September 2024 diperkirakan tumbuh melambat secara bulanan dan tahunan.… Read More

29 mins ago

Ingin Berkarier di Perusahaan Top? Gen Z Harus Lakukan Ini

Jakarta - Belakangan, dunia kerja mulai didominasi Generasi Z atau Gen Z. Mereka yang lahir… Read More

50 mins ago

Sah! RUPSLB MD Entertainment Setujui Akuisisi Net TV Senilai Rp1,65 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT MD Entertainment Tbk (FILM) yang… Read More

51 mins ago

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

3 hours ago