Ini Cara Aman Ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19

Ini Cara Aman Ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19

Jakarta – Meski dalam kondisi pandemi covid-19, kesehatan gigi jangan sampai terabaikan. Pemeriksaan gigi sebaiknya dilakukan per 6 bulan untuk orang dewasa , namun bagi anak-anak pemeriksaan gigi dilakukan per 3 bulan sekali.

Seperti diketahui, pemeriksaan gigi saat pandemi aman bilamana praktek dokter gigi atau rumah sakit yang didatangi sudah memenuhi protokol kesehatan dan pasien tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berikut tips aman berikut saat melakukan pemeriksaan ke dokter gigi:

1. Pastikan Sudah Membuat Janji  Dengan Dokter

Agar mengurangi kerumunan pasien yang berlebihan pastikan kita telah membuat janji dengan dokter maupun asisten dokter. Sebab, tidak semua pemeriksaan gigi bisa dilakukan secara cepat.

2. Selalu Jaga Jarak di Ruang Tunggu

Sebelum dipanggil ke ruang pemeriksaan, biasanya pasien menunggu di ruang tunggu untuk dipanggil. Dalam momen inilah kita diwajibkan untuk terus menjaga jarak serta wajib mengenakan masker.

3. Pastikan Dokter Menggunakan APD Lengkap

Sebelum melakukan pemeriksaan, pastikan dokter menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Tak lupa pasien juga harus memakai masker sebelum dilakukan pemeriksaan. Hal ini dilakukan lantaran penyebaran covid-19 salahsatunya berasal dari aerosol mulut.

4. Pastikan Alat Pemeriksa Gigi Steril

Sebelum tindakan pemeriksaan, pastikan alat yang digunakan benar-benar steril dan telah dicuci. Biasanya dokter yang mementingkan kebersihan selalu menaruh alat prakteknya ke dalam kotak pembersih berinfra merah untuk menghilangkan kuman dan bakteri.

5. Kumur Dengan Antiseptik Sebelum dan Sesudah Pemeriksaan

Ada baiknya, sebelum dilakukan pemeriksaan gigi harus kumur-kumur dengan menggunakan antiseptik selama 30 detik. Biasanya dokter gigi selalu memperhatikan hal tersebut.

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News