Nasional

Ini Alasan Presiden AS Joe Biden Absen di KTT ASEAN Jakarta

Jakarta – Ketidakhadiran Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN ke-43 menuai sorotan berbagai kalangan. Pengamat menyebut, perhelatan para delegasi negara ASEAN tersebut bukan menjadi menjadi prioritas utama Gedung Putih.

Pakar Keamanan Asia dari American Enterprise Institute Zack Cooper mengatakan, ketidakhadiran Presiden AS Joe Biden tidak menghadiri KTT Asia Timur dan KTT Asean di Jakarta dipandang sebagai ujian besar bagi Amerika di Asia Tenggara dan kawasan secara lebih luas.

“Jadi, ketika AS tidak mengirimkan presidennya, maka menjadi tanda tanya bahwa acara ini bukan prioritas utama Washinton,” katanya, dinukil VOA, Rabu (6/9).

Baca juga: Gantikan Joe Biden, Wapres AS Kamala Harris Tiba di RI untuk Hadiri KTT ASEAN 2023

Menurutnya, ketidakhadiran capres asal Partai Republik di Pemilu AS 2024 ini  sejalan dengan minimnya kerangka kerjasama ekonomi yang terjalin. Di saat bersamaan, Tiongkok lebih proaktif menjalin Kerjasama di kawasan ASEAN.

“Masalah besar yang membuat frustasi banyak orang adalah AS yang memperkenalkan kerangka ekonomi Indo-Pasifik dan menarik diri dari kemitraan Trans Pasifik. Namun, Washinton tampaknya tidak memiliki rencana normalisasi perdagangan yang posifit di Asia Tenggara,” bebernya.

Analisis lain mengatakan bahwa ketidakhadiran Biden bukan berarti mengecikan kawasan Asia Tenggara di mata negara super power tersebut.

“Ya, sangat disayangkan Biden tidak hadir. Namun wakil presiden Harris adalah orang nomor dua dalam sistem AS, “ ujar Analis dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) Gregory B. Poling.

Dalam pandangannya, satu hal penting yang diperhatikan adalah Tiongkok hanya mengirim Perdana Menteri China Li Qiang. Begitu juga Rusia dengan hadirnya Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

“Tidak ada presiden China dan Rusia yang hadir di KTT ASEAN. China hanya mengirimkan orang nomor dua, begitu juga dengan Rusia,” tegasnya.

Baca juga: 

Alasan Absen Presiden AS

Absennya Biden di KTT Asean ke-43 di Jakarta karena akan menghadiri pertemuan KTT G20 di di India pada 7-9 September 2023. Kemudian, Biden akan menyambangi Vietnam pada 10 September 2023. 

Dari Hanoi, ia bertolak ke Washington DC untuk peringatan peristiwa serangan 11 September 2001. Untuk KTT ASEAN, Gedung Putih sendiri mengutus Wakil Presiden Kamala Harris ke Jakarta, pada 4-7 September 2023. (*)

Editor: Galih Pratama  

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

6 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

7 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

20 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

21 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

21 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

21 hours ago