Headline

Ini Alasan Mandiri Terima Pinjaman Dari CDB

Jakarta–Pinjaman China Development Bank (CDB) kepada tiga bank BUMN masing-masing senilai US$1 miliar, mendapat sorotan dari DPR.

Salah satu bank BUMN yang mendapat pinjaman tersebut yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengaku telah mendapatkan pinjaman dari CDB dan telah menyalurkan dana pinjaman yang sebesar US$1 miliar itu.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, dana pinjaman dari CDB boleh diberikan kepada beberapa sektor, antara lain industri, infrastruktur, dan perdagangan yang berhubungan dengan China dan Indonesia.

“Yang harus dipahami, kondisi likuiditas perbankan sudah sangat ketat di Indonesia. Cashflow-nya sudah tak banyak lagi, mungkin sekitar Rp400 triliun, maksimal Rp500 triliun,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 14 Maret 2016.

Padahal, kata dia, kebutuhan pembiayaan sesuai dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) mencapai Rp5.500 triliun. Sehingga, jika melihat kondisi seperti itu, maka ada ketimpangan yang sangat besar.

“Memang banyak langkah yang bisa dilakukan. Kita bisa dapatkan itu pasar modal lokal, pasar modal dalam negeri, atau bisa dapat dengan pinjaman luar negeri,” tukasnya.

Menurutnya, salah satu alasan perseroan menerima dana pinjaman dari CDB adalah agar memberikan ruang yang lebih besar bagi perbankan untuk dapat menyalurkan pinjaman guna pengembangan industri nasional lebih baik lagi.

“Itu dipakai umumnya bagi Bank Mandiri untuk industri yang bisa menghasilkan Dolar AS. Supaya tidak menjadi beban untuk mereka mengembalikan pinjaman,” tutup Budi. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ramai Fenomena Makan Tabungan, Permata Bank Santai Transaksi Nasabahnya Aman

Jakarta – Fenomena ‘makan tabungan’ alias mantab masih membayangi warga kelas menengah di Tanah Air.… Read More

4 hours ago

Meski Mirip, Ini Perbedaan Produk Investasi ETF dan Reksa Dana

Jakarta - Dalam dunia investasi terdapat beberapa pilihan instrumen yang dapat dipilih oleh para investor… Read More

7 hours ago

Gandeng UGM, KemenkopUKM Dampingi UMKM Naik Kelas

Jakarta- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan pendampingan usaha… Read More

7 hours ago

Ketua Umum AAUI Beberkan Penyebab Rendahnya Penetrasi Asuransi

Bali - Industri asuransi di Indonesia secara konsisten menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Di… Read More

7 hours ago

Kelolaan Aset Wealth Management BRI Capai Rp239,6 Triliun per Agustus 2024

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui bisnis Wealth Management berhasil membukukan aset yang dikelola… Read More

7 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.480

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (10/10) kembali ditutup merosot ke… Read More

7 hours ago