Ini 4 Langkah yang Harus Diperhatikan Bank Saat Restrukturisasi Kredit

Ini 4 Langkah yang Harus Diperhatikan Bank Saat Restrukturisasi Kredit

Perbankan Syariah: Kinerja yang Buruk karena Tata Kelola
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Banyak perusahaan yang mulai mengajukan restrukturisasi kredit ditengah lesunya pasar akibat pandemi Covid-19. Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Institute mengungkapkan bahwa dalam pemberian restrukturisasi, ada 4 langkah yang perlu diperhatikan setiap perbankan. Pernyataan ini disampaikan pada online training Infobank Institute, di Jakarta, 20 Maret 2020.

Langkah-langkah tersebut adalah Identifikasi, Mitigasi, Ukur dan Tindak Lanjut. Pada langkah pertama, Eko menjelaskan bahwa perbankan perlu melakukan identifikasi dampak Covid-19 pada lingkungan perbankan yang bersangkutan. Kemudian, perbankan perlu melakukan mitigasi resiko kredit dan kecukupan likuiditas.

Ketiga, perbankan perlu melakukan stress test terhadap kecukupan modal dan likuiditas. Hal ini dapat dilakukan dengan dan analisis skenario terhadap kebutuhan dan ketersediaan modal ketika dihadapkan pada peningkatan risiko kredit.

Terakhir, perbankan perlu melakukan tindak lanjut dengan mengoptimalisasi pengelolaan portofolio. Hal ini dapat dilakukan dengan indentifikasi portofolio yang rentan terdampak covid-19 dan optimalisasi alokasi modal dan ketersediaan likuiditas.

Lebih jauh, Eko menjelaskan bahwa restrukturisasi kredit tak lepas dari tantangan dan kendala. Meskipun begitu, ia optimis sektor perbankan dapat melewati situasi pandemi ini.

“Situasi perbankan memang sedang mendung, tetapi bukan tak mungkin untuk dilewati. Intinya adalah identifikasi dan adaptasi perbankan pada “new normal” situasi pandemi ini,” tutupnya. (*) Evan Yulian Philaret

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]