Perbankan

Ini 4 Jurus Bank BCA Hadapi Perkembangan Teknologi yang Makin Masif

Jakarta – Dalam mendukung transformasi digital, PT Bank Central Asia Tbk atau BCA (BBCA) memiliki empat kunci elemen yang dapat membantu BCA dalam mengikuti perkembangan teknologi yang semakin masif.

Executive Vice President of Application Management Group BCA, Thomas Armand Lahey, menyebutkan bahwa keempat kunci transformasi digital tersebut adalah people atau sumber daya manusia (SDM), proses, teknologi, dan kultur.

Baca juga: BCA Optimistis Kredit Bakal Moncer Setelah Pemilu 2024

“Ada empat komplemen, yang pertama itu people, manusianya terpusat di tim, jadi itu yang paling penting untuk bisa membuka seluruh elemen-elemen kita, SDM mesti kita bangun,” ucap Thomas dalam Pertemuan Media Confluent di Jakarta, 6 Desember 2023.

Elemen kunci yang kedua, yaitu proses. Di mana proses dapat menjadi kunci bagi BCA dalam menyamakan layanan agar nasabah merasa puas dengan layanan BCA, sehingga perlu adanya proses organisasi yang efektif dan efisien.

“Tiga teknologi, kalau kita ngga pake teknologi, perkembangan kita hanya linier, karena pertumbuhan nasabah, pertumbuhan data semua itu eksponensial,” imbuhnya.

Baca juga: Digitalisasi Makin Masif, Bos BI Ajak Industri Keuangan Syariah Tangkal Serangan Siber

Lalu, kunci yang terakhir adalah terkait dengan kultur, di mana BCA menggunakan kaizen dalam mengimprovisasi layanan agar mampu mengembangkan transformasi dan inovasi digital.

Makin masifnya teknologi membawa berkah bagi BCA. Terbukti, per kuartal III-2023, BCA telah mencatat sebanyak 91,3 persen transaksi melalui mobile banking dan internet banking.

Rinciannya, sebanyak 43,3 persen dilakukan melalui m-banking, dengan total transaksi mencapai 22 miliar atau tumbuh 26,8 persen secara tahunan. (*)

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

5 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

44 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago